PB PASU Kecam dan Desak Kapolda Sumatera Utara Copot Kapolres Belawan

Kamis, 17 November 2022, 13:18 WIB
Oleh Cinta Pradiva Alvina Ardianti

SNIPERS.NEWS | Medan - Ketua Umum Pengurus Besar Perkumpulan Advokat Sumatera Utara (PB PASU) Eka Putra Zakran, S.H., M.H., alias EPZA kecam Kapolres Belawan AKBP Faisal Rahmat Simatupang soal dugaan telah berbohong dan merekayasa kasus penembakan terhadap Iwan alias Nasib, warga Jalan KL. Yos Sudarso, Gg Mofo, Linkungan XIV, Kelurahan Pekan Labuhan, Kecamatan Medan Labuhan Kota Medan. Hal itu disampaikan Epza, Kamis (17/11/2022).

Dikatakan Epza, adapun alasan pengecaman tersebut karena kuat dugaan Kapolres Belawan telah berbohong dan merekayasa kasus. 

Menurut Epza, "sejatinya aparat kepolisian bekerja atau bertindak profesional, itu amanat UU. Jadi, kalau ada indikasi berbohong dan/atau telah melakukan merekayasa terhadap suatu kasus, dipastikan hal tersebut tidak profesional dan melanggar kode etik profesi serta melanggar sumpah jabatan," sebutnya.

"Cukuplah kasus kematian Brigadir J dalam kasus Sambo, banyak personil Kepolisian diduga terlibat merekayasa kasus dan melakukan tindakan tak terpuji, yaitu obstructiin of justice, jangan diterulang lagi, publik bisa marah," kata Epza.

Epza membeberkan, "berdasarkan informasi yang beredar di media, sejumlah keterangan yang disampaikan Kapolres Belawan tidak benar, berbeda antara yang diterangkan dengan fakta-fakta materil yang terjadi dilapangan, sebut saja misalnya soal polisi diserang dan dilempari massa ternyata tidak benar, termasuk soal Iwan alias Nasib berusaha merebut senjata polisi, juga tidak benar, hal ini terungkap dari rekaman CCTV, bahkan CCTV yang terlihat polisi justru melarikan diri setelah menembak Iwan alias Nasib," ungkapnya.

"Nah, sebab ada indikasi berbohong dan merekayasa kasus atas keterangan yang disampaikan Kapolres Belawan, kita minta agar Kapolda mencopot Kapolres Belawan dan mendesak Propam Polda Sumut agar memeriksa Kapolres Belawan. Kita ingin polisi profesional, bukan polisi abal-abal, karena tugas utama polisi adalah mengayomi, melayani dan melindungi masyarakat," tandas Epza.*

(Gunawan)

TerPopuler

> Whatsapp-Button