Peringati Hari Pahlawan, Dandim 0820 Probolinggo : Jangan Lupakan Jasa Pahlawan

Kamis, 10 November 2022, 11:11 WIB
Oleh TAUFIQ PERS

SNIPERS.NEWS | Probolinggo - Komandan Kodim 0820 Probolinggo, Letnan Kolonel Arh Arip Budi Cahyono menghadiri  upacara ziarah nasional dalam rangka memperingati hari pahlawan tahun 2022, upacara berlangsung di Taman Makam Pahlawan Kota Probolinggo, Jln. Arif Rahman Hakim, Kelurahan Tisnonegaran, Kecamatan Kanigaran dengan Inspektur Upacara (Irup) Kapolresta Probolinggo AKBP Wadi Sa'bani. S.H, S.I.K, Kamis (10-11-2022).

Menurutnya, perjuangan para pahlawan kusuma bangsa pada masa perjuangan kemerdekaan silam yang mencapai puncaknya pada tanggal 10 Nopember 1945 yang selalu diperingati dan di kenang dalam merebut dan mempertahankan Kemerdekaan Bangsa Indonesia. Kejadian heroik di Surabaya, Belanda yang ingin menguasai kembali Indonesia, mendapat perlawanan sengit oleh para pejuang yang dimotivasi oleh Bung Tomo. Atas dasar mementum itulah 10 Nopember menjadi hari nesar nasional yaitu Hari Pahlawan. 

Hadir pada kesempatan tersebut antara lain AKBP Wadi Sa'bani, S.H, S.I.K. (Kapolresta Probolinggo ), Letkol Arh Arif Budi Cahyono, SE, Dandim 0820 Probolinggo),  Hartono, S.H, M.H (Kepala Kejaksaan Negeri Kota Probolinggo), Yusti Sinianus Radja (Ketua PN Kota Probolinggo), Budi Wirawan (Asisten Administrasi Umum Pemkot Probolinggo), Titik Widyawati (Plt Kaban Kesbangpol Kota Probolinggo), para Asisten dan Staf Ahli Kota Probolinggo serta Kepala OPD Pemerintah Kota Probolinggo, Kepala Dinas Satker, para Camat dan Lurah se-Kota Probolinggo.
                           

Usai upacara dilakukan tabur bunga oleh pemimpin upacara, Letnan Kolonel Arh Arip Budi Cahyono, diikuti tamu undangan dan peserta upacara, pada kesempatan tersebut awak media berkesempatan berbincang dengam Komandan Kodim 0820/Probolinggo, mengatakan bahwa kegiatan upacara hari Pahlawan 10 November yang dilaksanakan hari ini adalah dalam rangka mengenang perjuangan para pahlawan yang telah merelakan segalanya demi kemerdekaan yang dirasakan saat ini.

Secara subtansial merupakan wujud penghormatan terhadap jasa-jasa para pahlawan tersebut, lebih lanjut komandan mengatakan jiwa patriotisme dan rasa bela negara. Kegiatan upacara Hari Pahlawan 10 November 2022 dengan mengambil tema pahlawanku telandanku.

Tema ini memiliki harapan agar perjuangan dan pengorbanan para pahlawan dapat menginspirasi dan memotivasi masyarakat untuk meneruskan pembangunan dan mengisi kemerdekaan.

"Maka kita sebagai penerus bangsa wajib mengingat, mengenang dan meneruskan apa yang mereka cita-citakan, ini sebagai bentuk penghormatan kita kepada jasa-jasa arwah para pejuang yang telah gugur untuk kemerdekan Bangsa Indonesia yang kita cintai ini," tutup Letkol Arh Arip.*

(Taufiq/Pendim0820)

TerPopuler

> Whatsapp-Button