Periode Ke 2, KSB Salurkan Beras Untuk Empat Pesantren

Minggu, 06 November 2022, 20:45 WIB
Oleh Redaksi

SNIPERS.NEWS | Medan - Setelah di periode perdana Komunitas Sedekah Beras (KSB) hanya mampu memberikan bantuan untuk dua Rumah Tahfiz Qur'an, namun di bulan kedua (periode ke-2) pasca didirikannya komunitas sedekah ini sudah bisa menyalurkan beras untuk 4 pesantren.

Seperti yang disampaikan oleh Hendra Purwanto selaku Ketua KSB kepada media ini, Minggu (6/11/22) usai pembagian sedekah beras di salah satu pesantren yang ada di Kecamatan Medan Marelan.

Dirinya bersyukur, program dakwah melalui sedekah beras yang di gagas oleh Brigade Anak Serdadu (BAS) Sumatera Utara dan Kota Medan, khususnya melalui Ketua OKK DPD BAS Sumut M. Irfan Umar ini sudah mampu membuat para donatur turut andil dalam membantu kebutuhan pangan di Rumah Tahfiz Qur'an dan pesantren.


"Penyaluran perdana di awal Bulan Oktober kita berhasil mengumpulkan 20 karung beras, yang kita berikan untuk 2 Rumah Tahfiz Qur'an. Namun di Bulan November (bulan ke-2) ini, Alhamdulillah sudah bertambah menjadi 67 karung beras, yang hari ini akan kita salurkan untuk 4 pesantren," ungkap Hendra Sniper, panggilan akrab Hendra Purwanto di kalangan anak-anak BAS.

Hal yang sama juga disampaikan Ustadz Ishaq Sanjaya selaku Penasehat di KSB, bahwa apa yang diperbuat oleh Ormas BAS merupakan ibadah yang sulit untuk dilakukan oleh Ormas maupun Komunitas lainnya, jika tidak dibarengi dengan keikhlasan.

"Ini merupakan kegiatan amal yang sulit dilakukan kalangan lainnya, tanpa adanya iman dan keikhlasan. Seperti di setiap malam Jumat, anak-anak dari Ormas BAS ini berkumpul untuk mengumpulkan sedekah Jumat, yang akan diberikan kepada para fakir miskin, anak-anak yatim dan kaum dhuafa di hari Jumatnya," ucap Ustadz Ishaq Sanjaya, dihadapan pimpinan Pondok Pesantren Salafiyyah As-Syafi'iyah Marelan.


"Untuk itu, kami mengajak semua pihak agar bersama-sama bersedekah serta meringankan beban pengelola Rumah Tahfiz maupun Pesantren yang menggratiskan santrinya menuntut ilmu di tempat tersebut. Insya Allah, jika kita ikhlas bersedekah untuk mereka, ini akan menjadi amal jariyah bagi kita dan keberkahan buat mereka yang mengkonsumsinya," ajak Ustadz Ishaq Sanjaya.

Terakhir, M. Irfan Umar yang diketahui sebagai pencetus awal Komunitas Sedekah Beras (KSB), sekaligus pelopor di Komunitas Sedekah Jumat 10 ribu dan Ketua OKK DPD BAS Sumut ini sangat berharap kepada masyarakat, agar kiranya bisa turut andil membantu, demi keberlangsungan rumah Tahfiz Qur'an dan Pondok Pesantren yang saat ini menggratiskan santrinya.


"Sudah lebih 1 tahun Komunitas Sedekah Jumat 10 Ribu kami jalankan, Alhamdulillah sampai saat masih bermanfaat bagi orang banyak. Kali ini, melalui program sedekah khusus beras yang khusus diperuntukkan bagi pesantren dan rumah Tahfiz Qur'an sudah berjalan selama dua bulan atau 2 periode, karena ini sedekah sebulan sekali," ucap M. Irfan Umar, yang saat ini juga menjabat sebagai Wakil Komandan Satgas GM FKPPI Sumatera Utara.

Untuk diketahui, pada periode ke-2 ini, Komunitas Sedekah Beras (KSB) menyalurkan di satu Rumah Tahfiz Al-Qur'an dan tiga Pondok Pesantren, diantaranya Tahfiz Qur'an Ar-Rahman, Ponpes Salafiyyah As-Syafi'iyyah, Ponpes Manufa di Hamparan Perak Deli Serdang dan Ponpes Darul Ulum Al-Faruq Pangkalan Brandan Langkat.*

(Dakar)

TerPopuler

> Whatsapp-Button