Presidensi KTT G20 Resmi di Tutup Presiden Jokowi, Pangdam IX/Udayana Tetap Perketat Pengamanan

Rabu, 16 November 2022, 21:45 WIB
Oleh Cinta Pradiva Alvina Ardianti

SNIPERS.NEWS | Badung - Rangkaian acara puncak Presidensi KTT G20 secara resmi ditutup oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo pada hari Rabu (16/11/2022) di Candi Ball Room Hotel Apurva Kempinski Nusa Dua, Provinsi Bali ditandai dengan penyerahan palu sidang KTT G20 ke Perdana Menteri India Narendra Modi sebagai pemegang presidensi G20 tahun 2023.

Presiden Jokowi mengucapkan terima kasih kepada seluruh kementerian dan lembaga, TNI-Polri dan kelompok kerja G20 yang telah membantu mewujudkan kesuksesan presidensi G20 Indonesia selama setahun terakhir.

Suatu kehormatan bagi Indonesia untuk memimpin Presidensi G20 tahun 2022 selama satu tahun ini. Presiden Jokowi juga mengapresiasi antusiasme para pemimpin negara G20 yang hadir langsung di Bali meski di tengah situasi global yang sedang mengalami banyak kesulitan.

Selanjutnya Jokowi juga mengatakan, Presidensi G20 Indonesia dimulai dengan harapan untuk menyatukan niat bersama dalam mewujudkan pemulihan dunia yang inklusif terutama dari pandemi. Terima kasih, Yang Mulia Perdana Menteri Modi. Para pemimpin yang saya hormati, kita telah tiba pada akhir KTT G20.

"Selamat jalan kepada seluruh pemimpin negara yang hadir dan delegasi undangan, have a safe trip. Dengan ini saya nyatakan KTT G20 di Bali, Indonesia, ditutup," kata Jokowi sambil mengetuk palu di meja sidang.


Sementara itu, Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Sonny Aprianto, S.E., M.M, terkait pengamanan masih dilakukan dengan ketat oleh Satgas Pengamanan, baik di area Nusa Dua, termasuk area Jimbaran sebagai venue utama pelaksanaan KTT Presidensi G20 tepatnya di Hotel Apurva Kempinski, sampai Bandara International I Gusti Ngurah Rai Bali.

"Pengamanan tetap dilakukan secara ketat baik di darat, termasuk di laut dan udara sampai para Presiden pimpinan negara Delegasi/peserta Presidensi KTT G20 kembali ke negaranya  masing-masing," pungkas Pangdam. 

Acara puncak KTT G20 Indonesia di Bali dianggap berhasil apabila seluruh pemimpin kepala negara peserta G20 dan Delegasi/peserta KTT G20 kembali ke Negaranya dengan aman dan selamat.

Untuk diketahui para pimpinan kepala negara peserta G20 hari ini dijadwalkan telah kembali ke Negaranya masing-masing.*

(Arifin/Lilik/Pendam IX/Udayana)

TerPopuler

> Whatsapp-Button