Reaksi Cepat Babinsa Mangunharjo, Tanggap Bencana Singkirkan Pohon Tumbang

Jumat, 18 November 2022, 09:11 WIB
Oleh TAUFIQ PERS

SNIPERS.NEWS | Probolinggo - Akhir-akhir ini wilayah Probolinggo kerab terjadi hujan lebat beserta angin kencang, yang mengakibatkan banyak pohon tumbang di banyak titik di Kota Probolinggo. Seperti yang terjadi Jalan Basuki Rahmat RT.05/RW.16 Kelurahan Mangunharjo Kecamatan Mayangan Kota Probolinggo.

Dengan adanya laporan warga yang ada diwilayah binaanya telah terjadi pohon tumbang yang menutupi sebagian jalan, Pelda M Ismail dan Serda Rahman (Babinsa Koramil 0820/01 Kanigaran) dengan sigap segera berkoordinasi dengan DLH, PU dan Tagana untuk melaksanakan pembersihan pohon tumbang tersebut karena menganggu akses jalan, Jumat (18-11-2022).

Tumbangnya pohon tersebut terjadi karena akar yang sudah sebagian lapuk dan hujan deras  disertai angin kencang yang terjadi di Kota Probolinggo Kamis malam.

Satikun (51) Salah satu pengguna jalan yang kebetulan saat itu sedang melintas mengucapkan terima kasih kepada TNI dari Koramil Kanigaran dan semua pihak yang terlibat dalam aksi gotong royong melaksanakan pembersihan pohon tumbang tersebut karena menganggu akses jalan, sehingga tidak berselang lama arus lalu lintas kembali normal dan lancar.
                            

“Terimakasih atas kesigapan terutama Pak Babinsa yang begitu melihat kondisi desa binaannya langsung tanggap untuk turun membantu warga yang terkena musibah," tuturnya.

Pelda M Ismail, Babinsa Koramil 0820/01 Kanigaran, disela-sela kesibukannya membersihkan pohon tumbang saat dikonfirmasi mengatakan, bahwa dirinya bersama warga melaksanakan dan membersihkan pohon-pohon yang tumbang maupun sisa-sisa sampah yang dibawa angin agar lingkungan kembali terlihat bersih dan tertata rapi.

Ismail meminta kepada warga agar meningkatkan kewaspadaan saat turun hujan tiba yang disertai angin, dan juga meminta kepada warga untuk mengurangi dahan pohon yang masih berdiri agar beban pohon berkurang sehingga langkah ini sebagai upaya antisipasi datangnya musibah.

"Masyarakat selalu waspada dan bersikap proaktif untuk membantu melaporkan setiap adanya bencana yang ada di lingkungan sekitar supaya cepat mendapat penanganan dari instansi terkait," pungkasnya.*

(Taufiq/Pendim0820)

TerPopuler

> Whatsapp-Button