Sinergitas Babinsa dan Bhabinkamtibmas Sumber Gelar Komsos

Selasa, 08 November 2022, 08:59 WIB
Oleh TAUFIQ PERS

SNIPERS.NEWS | Probolinggo - Salah satu peran Babinsa adalah membina masyarakat di wilayah tanggung jawab teritorialnya. Babinsa harus bisa menjadi tempat mengadu masyarakat terkait hal-hal yang berdampak pada keamanan nasional. Babinsa dituntut untuk dapat memetakan kondisi teritorialnya. Setiap saat pemetaan diaktualkan sehingga jika terjadi sesuatu di wilayah bisa diketahui dengan cepat.

Atas dasar itulah, Babinsa Koramil 0820/11 Sumber Sertu Erix Kusuma melaksanakan kegiatan patroli gabungan dengan Bhabinkamtibmas demi terciptanya keamanan di wilayah Kecamatan Sumber dan mengadakan komunikasi sosial (Komsos) terkait keamanan wilayah akhir –akhir ini, dengan mengadakan anjangsana dan silaturahmi dengan warga masyarakat di Desa Sumber Kecamatan Sumber Kabupaten Probolinggo, Selasa (8/11).

Menurut Sertu Erix Kusuma Babinsa Koramil 0820/11 Sumber, kegiatan ini dilaksanakan demi menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat di wilayah teritorialnya serta menjadi tugas pokok di wilayah untuk mencari informasi dan sebagai sarana bersilaturahmi dengan warga supaya lebih dekat dan bisa menjalin kebersamaan, demi mewujudkan kemanunggalan TNI-rakyat di wilayah.

Kebersamaan Babinsa dan Bhabinkamtibmas ini patut mendapat acungan jempol, pasalnya Babinsa Koramil  0820/11 Sumber yang sedang melaksanakan dinas dalam (Piket) bersama Bhabinkamtibmas setiap hari rutin melakukan patroli di daerah yang dianggap rawan.
                              

Ditempat terpisah, Danramil 0820/11 Sumber, Kapten Inf Rianto saat dikonfirmasi membenarkan adanya kegiatan Babinsa jajarannya terebut, disamping sebagai bagian dari perlindungan keamanan lingkungan, juga digunakan sebagai media komunikasi sosial bersama masyarakat binaannya.

Selain itu, sinergitas antara Babinsa dan Bhabinkamtibmas juga sangat diperlukan dalam pelaksanaan tugas, guna memberikan rasa aman dan nyaman. Sehingga tercipta situasi yang aman dan kondusif dimasyarakat desa binaannya.

"Ini untuk menjaga agar wilayah selalu aman dan kondusif terutama di Kecamatan Sumber dan Kabupaten Probolinggo pada umumnya. Sasaran patroli khususnya di titik-titik tertentu yang di anggap rawan," ucapnya.

Menurutnya, tujuan pelaksanaan patroli ini untuk melakukan pengawasan wilayah binaannya bersama dengan Babinkamtibmas, agar setiap saat bisa bersama-sama menjaga dan mengawasi wilayah binaan.

"Kendati demikian, kepada seluruh lapisan masyarakat dihimbau agar tetap saling membantu dan mempertahankan kondisi wilayah agar tetap aman dan nyaman," imbuhnya.*

(Taufiq/Pendim0820)

TerPopuler

> Whatsapp-Button