Tanggap Dalam Penanganan Konflik, Korem 151/Binaiya Gelar Latihan Posko I

Rabu, 09 November 2022, 08:32 WIB
Oleh Redaksi

SNIPERS.NEWS | Ambon - Dalam rangka menguji kinerja serta kemampuan Komandan dan Staf dalam menjalankan teknik, prosedur dan tata kerja yang berlaku untuk melaksanakan kesiapsiagaan menanggulangi akibat bencana alam, pengungsian dan pemberian bantuan kemanusiaan hingga penanganan konflik di Maluku, Korem 151/Binaiya menggelar Latihan Posko I Korem 151/Binaiya di Aula Slamet Riyadi, Makorem 151/Binaiya, Batu Gajah, Kota Ambon, Selasa (08/11/2022).

Latihan Posko I Korem 151/Binaiya dibuka oleh Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Ruruh A. Setyawibawa,S.E., M.M., dilanjutkan memberikan Jam Pimpinan kepada penyelenggara dan peserta latihan.  

Dihadapan penyelenggara dan peserta latihan, Pangdam dalam sambutannya mengatakan, latihan ini sangat penting karena merupakan salah satu metode untuk melatih bagaimana unsur pimpinan dan staf dalam melaksanakan prosedur hubungan kerja sehingga dapat terjalin kerjasama secara sistematis dalam menuangkan mekanisme kerja sesuai dengan bagian masing-masing dan berjalan dengan baik dan benar.

"Selain itu, latihan ini juga merupakan salah satu cara untuk meningkatkan kualitas personel dengan melatih prosedur hubungan komandan dan staf dalam menghadapi dinamika operasi yang sedang dihadapi, melalui mekanisme latihan yang diasumsikan seperti kondisi riil di lapangan," jelas Pangdam.

Hal ini senada dengan tema latihan ini, yaitu "Korem 151/Binaiya Melaksanakan Operasi Bantuan Kepada Pemerintah Daerah di wilayahnya dalam rangka Membantu mengatasi konflik sosial di wilayah sesuai kerawanan dan perkembangan situasi".  


Pada pelaksanaan latihan nanti, di saat dinamika latihan akan ditunjukkan dengan jelas wujud dari sinergitas, kolaborasi dan kerjasama antar instansi baik TNI, Polri, Pemerintah Daerah maupun stakeholder lainnya dalam penanganan suatu konflik di wilayah. 

"Oleh karena itu, latihan ini akan menjadi acuan dalam penanganan konflik yang sebenarnya di lapangan," jelas Danrem.

Dengan demikian, perlu kesiapsiagaan dari aparat Satkowil, khususnya Korem dan para staf Korem dan jajaran dibawahnya senantiasa profesional, tanggap dan handal dalam perbantuan di wilayahnya.

Adapun pelaksanaan Latihan Posko I tahun ini berlangsung selama tiga hari, yakni mulai 08 hingga 10 November 2022.

Pangdam berharap kepada seluruh peserta latihan agar penuh semangat dalam menjalani latihan, karena hahekatnya kesejahteraan Prajurit adalah latihan, latihan dan latihan.

Pangdam juga menekankan, agar selalu berpedoman pada aturan dan protap yang ada.*

(ATOM)

Sumber : Panrem151

TerPopuler

> Whatsapp-Button