Usai Terima Aduan dan Bukti, BAIN HAM RI Sumut Segera Somasi PT. IL

Sunday, November 13, 2022, 12:40 WIB
Oleh Redaksi

Ket. Foto M. Akbar (Humas BAIN HAM RI Sumatera Utara).


SNIPERS.NEWS | Medan - Gelar pertemuan kedua, sekelompok karyawan ekspedisi PT. IL memberikan sejumlah alat bukti kepada pengurus Badan Advokasi Investigasi Hak Asasi Manusia Republik Indonesia (BAIN HAM RI) Sumatera Utara.

Sebelumnya diketahui, perusahaan yang bergerak di bidang ekspedisi tersebut diduga telah melakukan pelanggaran terhadap karyawannya. Pertemuan dilaksanakan di Din Coffee Al Fattah Bromo, Medan Area, Sabtu (12/11/22).

"Benar, kami telah menerima berkas dan sejumlah alat bukti dari para karyawan, guna kepentingan analisa dan akan pelajari secara detail terkait pelanggaran yang dilakukan oleh manajemen perusahaan tersebut," tutur M. Akbar selaku Humas BAIN HAM RI Sumut saat dimintai keterangan oleh awak media. 

Akbar juga menambahkan, perusahaan akan menerima konsekuensi, langkah awal pihaknya akan segera memberikan somasi yang ditujukan kepada direktur utamanya. Dan tidak tanggung-tanggung, masalah ini akan diteruskan ke Disnaker Pusat, Kementerian Tenaga Kerja, DPRD Sumut, DPR RI bahkan sampai ke presiden. 

"Kita akan kuliti perusahaan tersebut dari sisi pajaknya dan operasional bisnisnya, dan di seluruh titik cabangnya. Sebab, kami BAIN HAM RI ada di 34 provinsi, termasuk DPD Kabupaten/Kota di seluruh Indonesia," paparnya.


Tampak dari para pekerja telah siap dan tidak takut akan efek yang mereka terima ke depannya, selama memperjuangkan kepastian kerja dan hak-hak mereka selaku karyawan tetap maupun outsourching di lingkungan perusahaan tersebut. 

Perlindungan hukum terhadap pekerja merupakan pemenuhan hak dasar yang melekat dan dilindungi oleh konstitusi sebagaimana yang diatur dalam pasal 27 ayat 2 UUD Republik indonesia tahun 1945 yang berbunyi "Tiap-tiap warga negara berhak atas pekerjaan dan penghidupan yang layak bagi kemanusiaan."

Perlindungan terhadap pekerja dimaksudkan untuk menjamin hak-hak pekerja dan menjamin kesamaan kesempatan serta perlakuan tanpa adanya diskriminasi atas apapun, untuk mewujudkan kesejahteraan pekerja dan keluarganya dengan tetap memperhatikan perkembangan kemajuan dunia usaha dan kepentingan pengusaha.

Sementara itu, Ketua BAIN HAM RI Sumut Novrizal Tanjung menyampaikan kesiapannya untuk membantu masyarakat, terlebih karyawan yang di ambil paksa hak-haknya oleh perusahaan.

"Sejak berdirinya BAIN HAM RI di Sumut, kami sudah berkomitmen akan memperjuangkan hukum yang berkeadilan, sehingga masyarakat merasa terlindungi oleh hukum yang adil," ujarnya, yang juga hadir dalam pertemuan tersebut.*

(R - 1)

TerPopuler