Buka Sekolah Demokrasi Pemilu 2024, Ini Kata Plt Bupati Langkat

Minggu, 04 Desember 2022, 20:50 WIB
Oleh Link

Ket poto : Plt Bupati Langkat H. Syah Afandi, S.H., saat membuka Sekolah Demokrasi.


SNIPERS.NEWS | Langkat - Bertempat di Jantera Malay rumah dinas Bupati, Plt Bupati Langkat H. Syah Afandi, S.H., buka kegiatan Sekolah Demokrasi peningkatan partisipasi masyarakat sebagai penyelenggara Pemilu 2024, Sabtu (3/12/2022).

Giat ini mengusung tema "peningkatan partisipasi masyarakat sebagai penyelenggara Pemilu 2024".

Diselenggarakan oleh KAHMI Kabupaten Langkat dengan jumlah peserta 150 orang dari mahasiswa penggiat demokrasi dari STKIP Al Maksum Stabat dan STAI JM Tanjung Pura, dengan tujuan menjadikan cikal bakal pola demokrasi yang lebih baik.

Diantara materi yang dibahas oleh narasumber antara lain :

-Integritas penyelenggaraan pemilu AD HOC mewujudkan Pemilu Luber Jurdil.
-Tentang kepemiluan di Indonesia.
-Kelebihan kekurangan seleksi AD HOC tertulis dan berbasis komputer.
-Pre Tes dan post tes materi pokok tertulis (Simulasi).

Plt Bupati Langkat menyambut baik atas terselenggaranya kegiatan tersebut, sebagai upaya peningkatan pemahaman masyarakat, sekaligus sebagai peran serta membantu masyarakat tetap berperan dalam Pemilu sebagai penyelenggara, baik itu sebagai Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), Panitia Pemungutan Suara (PPS), maupun sebagai Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di Kabupaten Langkat.

"Semoga partisipasi masyarakat semakin meningkat di Pemilu 2024 ini, baik di tingkat Kecamatan sebagai PPK, tingkat Desa sebagai PPS, dan di setiap tempat pemungutan suara (TPS) sebagai KPPS," ujarnya.

Menurut Afandin, sekolah demokrasi suatu hal yang biasa, tapi pihaknya ingin memberitahu dan mengulas kembali kebelakang dari orde lama ke orde baru, mahasiswa melakukan demo mempertaruhkan nyawa demi masyarakat, namun demo itu tetap dan mutlak dilakukan.

"Saya harap, dengan terselenggaranya kegiatan sekolah demokrasi ini, bisa memberikan pembelajaran dan sosialisasi masyarakat untuk lebih bijak memilih perwakilannya sebagai kepala daerah, ataupun anggota legislatif lainnya. Jangan sampai hanya karena sebatas uang, menghilangkan nilai demokrasi masyarakat," sebutnya.

"Harapan kita bersama, Pemilu di Kabupaten Langkat nantinya menjadi salah satu pelaksanaan Pemilu yang terbaik di Indonesia, baik dari sisi penyelenggaraan maupun hak suara yang digunakan," tambahnya berharap.

Turut Hadir Ketua STKIP Al Maksum Stabat Dr Muhammad Sadri, Komisioner Bawaslu Langkat Riyono, S.Pd., Kadis Kominfo H. Syahmadi, S.Sos., M.Sp., Kabag Prokopim Mahardhika Sastra Nasution, S.S.T.P., M.A.P., Kakan Kesbang Pol Faisal Badawi, S.Sos., Plt Kasat Pol PP Dameka Putra Singarimbun, S.S.T.P., dan sejumlah organisasi masyarakat lainnya.*

(Surya D)

TerPopuler

> Whatsapp-Button