Danlantamal I Pimpin Upacara Penaikan Bendera Merah Putih

Senin, 19 Desember 2022, 21:41 WIB
Oleh Redaksi

SNIPERS.NEWS | Belawan - Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) I Belawan Laksamana Pertama TNI Johanes Djanarko Wibowo bertindak sebagai Inspektur Upacara pada upacara penaikan bendera merah putih tujuh belasan di Markas Komando (Mako) Lantamal I Jalan Serma Hanafiah No. 01, Belawan, Medan, Sumatera Utara, Senin (19/12/2022).

Dalam sambutan Pangarmada I yang dibacakan oleh Danlantamal I menyampaikan, "upacara bendera tujuh belasan ini memiliki arti penting bagi kita semua, yaitu guna memantapkan kualitas pengabdian kita kepada bangsa dan negara serta sebagai media komunikasi Pangarmada I kepada satuan-satuan di jajaran Koarmada I untuk menyampaikan kebijakan, petunjuk dan informasi aktual dari pemimpin TNI maupun TNI Angkatan Laut," ucapnya. 

Pada kesempatan ini, Pagarmada I juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh prajurit dan pegawai negeri sipil yang telah ikut mendukung semua kegiatan peresmian Mako Koarmada I yang baru pada awal Desember 2002 di Tanjung Pinang.

Pangarmada I juga memerintahkan agar meningkatkan moralitas, kejujuran dan profesionalisme prajurit dan berkomitmen untuk mengurangi tingkat pelanggaran personel khususnya tindak pidana dan penyalahgunaan wewenang serta melaksanakan reformasi mental dan reformasi birokrasi. 


Untuk itu, seluruh prajurit dan Pegawai Negeri Sipil Koarmada I dan jajaran harus memiliki kesamaan pola pikir, pola sikap dan pola tindak dalam menghadapi tugas-tugas TNI Angkatan Laut ke depan. 

Disampaikan pula dampak dari perkembangan informasi dari teknologi yang tidak selalu berdampak positif. "Oleh karenanya, jika yang tersebar adalah negatif maka media sosial telah menjadi senjata bagi pihak lain yang dapat berpotensi mendegradasi nilai-nilai dan kejuangan dan norma-norma ke prajuritan," pungkas Danlantamal I.

Selanjutnya, Danlantamal I juga membacakan penekanan dari Pangarmada I, diantaranya : 

- Pertama, tingkatkan kualitas keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa.
- Kedua, jaga marwah prajurit TNI Angkatan Laut dan prajurit Koarmada I sebagai satuan komando pelaksana terbaik, bermoral dan profesional. 
- Ketiga, laksanakan tugas pokok dengan tetap bersyukur, ikhlas, positive thingking serta terus meningkatkan kreatifitas dan inovatif. 
- Keempat, tingkatkan kompetensi pribadi untuk meningkatkan kompetensi satuan dan organisasi dengan menjaga keterampilan dan kebersamaan diantara prajurit, dalam menciptakan kondisi dan satuan karena output organisasi tergantung pada solit tidaknya anak buah, serta
- Kelima, jaga diri dan keluarga dari keterlibatan terhadap tindkan-tindakan yang bertentangan dengan norma hukum yang berlaku.  


Danlantamal I juga menyampaikan, agar setiap satuan kerja menyelesaikan administrasi yang terkait dengan penyerapan anggaran yang sudah sampai batas akhir penyerapannya, dan agar setiap prajurit mempersiapkan segala sesuatu yang berkaitan dengan perayaan natal dan tahun baru 2023 baik segi pengaman personil dan materil maupun situasi yang berkembang saat ini. 

Selain itu, kegiatan tersebut juga selaras dengan salah satu perintah harian dari Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, yaitu  "Membangun sumber daya manusia yang unggul dan profesional, serta tangguh dalam menghadapi segala ancaman".

Turut hadir dalam pelaksanaan giat upacara tujuh belasan penaikan bendera hari Senin tanggal 19 Desember 2022 diantaranya Wadan Lantamal I Kolonel Mararinir Sugianto, S.Sos., seluruh PJU, Kadis dan Kastker, Perwira, Bintara dan Tamtama serta Pegawai Negeri Sipil Lantamal I.*

(R - 1)

Sumber : Dispen Lantamal I

TerPopuler

> Whatsapp-Button