Danlantamal I Sambut Kedatangan Kapal Perang India di Dermaga Pelindo

Thursday, December 8, 2022, 19:01 WIB
Oleh Redaksi

SNIPERS.NEWS | Belawan - Komandan Lantamal (Danlantamal) I Laksamana Pertama TNI Johanes Djanarko Wibowo, diwakili Wadan Lantamal I Kol. Mar. Sugianto, S.Sos. menyambut Kapal Perang India INS KARMUK yang sandar di Dermaga Pelindo 103 Jalan Ujung Baru Belawan.

Kegiatan diawali dengan penyambutan dan tarian serta pengalungan kain ulos yang dipimpin oleh Wadan Lantamal I didampingi oleh PJU Danlantamal I.

Dalam sambutan Komandan Lantamal I yang dibacakan oleh Wadan Lantamal I mengucapkan selamat datang di Lantamal I Belawan kepada Athan India Captain (Navy) Amitabh Saxena, Konjen India Mr. Shubhan Singh, Asisten Athan Cha (Ah) Sauraj dan beserta awak kapal.

Kedatangan Kapal Perang India merupakan suatu kehormatan yang besar bagi TNI Angkatan Laut khususnya Lantamal I.


"Untuk itu, kami menyambut hangat dengan rasa persahabatan dan persaudaraan Angkatan Laut kepada seluruh teman-teman Navy India, yang akan mengikuti Satgas Patkor Indindo-39/22 dan akan dilaksanakan upacara pembukaan hari Jumat tanggal 09 Desember 2022 di Mako Lantamal I," ucap Wadan Lantamal I.

Kunjungan ini sangat penting untuk meningkatkan hubungan bilateral antara kedua negara khususnya Navy India dengan TNI AL di berbagai bidang kedepannya. 

Setelah menerima di Dermaga Pelindo 103, Athan India Captain (Navy) Amitabh Saxena dan rombongan menuju ke Mako Lantamal I Belawan, yang disambut oleh Danlantamal I Laksamana TNI Johanes Djanarko Wibowo beserta PJU Danlantamal I untuk melaksanakan CC (Curtesy Call).


Adapun tujuan CC itu sendiri bertujuan untuk menjalin kerjasama antara TNI Angkatan Laut dengan Navy India. Usai pelaksanaan CC, dilanjutkan dengan tukar menukar plakat dan cinderamata serta diakhiri dengan foto bersama. 

Kegiatan ini selaras dengan perintah Bapak Kasal Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., untuk melaksanakan peran diplomasi Angkatan Laut sesuai dengan kebijakan politik luar negeri yang ditetapkan oleh pemerintah dengan negara sahabat, guna menjaga stabilitas keamanan sekawasan.

Turut Hadir dalam kegiatan tersebut Danlantamal I, Wadan Lantamal I, PJU Danlantamal I, Dansatgas Kolonel Laut (P) Sarkolim, S.T., M.Tr.Hanla., M.M., Perwakilan Athan India, Prajurit Lantamal I dan Yonmarhanlan I Belawan.* 

(R - 1)

Sumber : Dispen Lantamal I

TerPopuler