Diduga Selewengkan DD, LPMD Halsel Desak Inspektorat dan Kejaksaan Periksa Kades Pasar Putih

Senin, 12 Desember 2022, 10:45 WIB
Oleh Redaksi

SNIPERS.NEWS | Halsel - Lembaga Pemerhati Desa (LPMD) Kabupaten Halmahera Selatan Provinsi Maluku Utara, yang berkantor cabang di Kecamatan Obi menduga, ada penyalahgunaan Anggaran Dana Desa (DD) di Desa Pasir Putih.

Hal itu disampaikan oleh Ketua LPMD Mohtar Arif, S.H. kepada Awak Media Snipers.news, Senin (12/12/22). Ia mengatakan, terdapat banyak dugaan penyalahgunaan anggaran Dana Desa dari tahun 2018 hingga tahun 2021.

"Kami juga telah mengantongi APBDes Paser Putih Kecamatan Obi Utara dari Dinas DPMD. Laporan kami sudah masuk ke Dinas Inspektorat dan Kejaksaan. Dan pada tahun 2018, Inspektorat sudah melakukan pemeriksaan dan dugaan temuan berkisar 50 juta an, setelah dokumen APBDes yang kami dapat dan kami cocokkan di desa, maka banyak sekali tidak direalisasikan oleh Kepala Desa Pasir Putih Sunarjo Lanihu," ungkap Mohtar Arif.

"Laporan yang kami masukkan di Kejaksaan terkait dugaan penyalahgunaan dana desa langsung di terima oleh Staff Kasi Pidsus," ungkapnya kembali.

Terpisah, Irban Satu Inspektorat Ali Ode Madi menyampaikan kepada media ini melalui telpon selulernya, bahwa pihaknya akan segera turun untuk melakukan pemeriksaan terhadap pihak-pihak yang berkaitan.

"Terkait laporan LPMD Minggu ini, kami akan turun untuk lakukan pemeriksaan di Desa Paser Putih Kecamatan Obi Utara," tutur Ali.*

(HM)

TerPopuler

> Whatsapp-Button