Jaga Kelestarian Alam Bahari, Koramil 1509-04/Maffa Tanam Mangrove di Pulau Widi

Senin, 12 Desember 2022, 19:34 WIB
Oleh TAUFIQ PERS

SNIPERS.NEWS | Halsel - Koramil 1509-04/Maffa beserta masyarakat Melaksanakan penanaman mangrove di Kepulauan Widi Kecamatan Gane Timur Kabupaten Halmahera Selatan, sebagai bentuk kepedulian dalam pelestarian lingkungan, Minggu (12/12/2022).

Mangrove merupakan tanaman bakau yang sangat berperan dalam ekosistem biota laut dan berfungsi sebagai tanaman penahan ombak yang dapat mencegah terjadinya abrasi laut.

Tampak dalam kegiatan tersebut anggota Koramil beserta masyarakat gotong royong menanam mangrove guna mencapai tujuan yang diharapkan.

"Melalui kegiatan penanaman ini, diharapkan dapat memberikan kontribusi yang besar untuk keamanan wilayah pesisir pantai, dengan mengurangi dampak dari terjadinya abrasi," tutur Danramil.

Kepedulian dan aksi nyata terhadap lingkungan inilah yang menginspirasi kalangan muda untuk mau terlibat aktif.

Danramil pun menambahkan, generasi mudalah yang harus bergerak dan melakukan perubahan untuk lingkungan yang lebih baik.

Dan kegiatan ini harus terus dilakukan demi menjaga kelestarian alam bahari, sehingga ke depan diharapkan penanaman pohon mangrove dapat dirasakan manfaatnya bagi masyarakat di sekitar pulau dan menjadi obyek wisata.

Sementara itu Daeng warga yang menempati pulau mengatakan, bahwa dirinya sangat berterima kasih kepada TNI yang sudah peduli akan kelestarian lingkungan yang ada di Pulau Widi.

"Kami akan menjaga terus dan berupaya pengembalian fungsi ekologi daerah pesisir pantai, dan kami akan terus mengontrol pertumbuhan mangrove," ucapnya.

Keterlibatan TNI dalam penanaman mangrove adalah bentuk inisiatif dan semangat TNI AD dalam menjaga lingkungan.*

(H.M)

TerPopuler

> Whatsapp-Button