Kebun Mutiara Pattimura Edukasi Anak-Anak TK Cara Berkebun dan Manfaat Sayur-Mayur

Kamis, 08 Desember 2022, 15:40 WIB
Oleh Cinta Pradiva Alvina Ardianti

SNIPERS.NEWS | Ambon - Hari ini Kebun Mutiara Pattimura kedatangan sahabat cilik dari RA Almeera Islamic School Ambon, Rabu (08/12/2022).

Didampingi Kepala Sekolah Ibu Yuli Tuasikal dan Guru RA Almeera Islamic School Ambon anak-anak TK tersebut dikenalkan secara langsung berbagai macam sayur dan tanaman yang ditanam di kebun Mutiara Pattimura.

Berkebun adalah sarana yang sangat baik untuk mengasah kepekaan dan kecintaan anak terhadap lingkungan hidup, karena anak akan mengamati secara langsung cara kerja alam. Menanam benih dan melihat benih tumbuh adalah salah satu hal yang memberikan manfaat besar bagi kehidupan, terutama jika yang ditanam adalah tumbuhan yang bisa dimakan, selain lebih sehat juga akan memberikan kepuasan tersendiri bagi jiwa. Pada saatnya anak-anak akan belajar mencintai tanaman mereka dan menghargai kehidupan didalamnya.

Kopda Sugiarto didampingi penyuluh pertanian Kelompok Kebun Mutiara Pattimura Rasyanto menyambut baik kedatangan sahabat cilik RA Almeera Islamic School Ambon tersebut dan mengatakan melalui edukasi ini dapat meningkatkan kecintaan terhadap budidaya tanaman yang mana hal ini sesuai dengan program pemerintah yaitu Merdeka Belajar, menumbuhkan jiwa wirausaha anak melalui bidang pertanian, perkebunan, perikanan dll.

Ditambahkan Bapak Rasyanto, "Kebun Mutiara Pattimura merupakan perkebunan Prototype dari kegiatan kerjasama Kodam XVI/Pattimura dengan Dinas Pertanian dan Unpatti dalam hal pengembangan tanaman sayuran/holtikulutra diantaranya kacang panjang, pare, tomat, cabe dan terong di tanah seluas 2 ha.

“Ini dilakukan juga untuk mendukung Program Pemerintah yaitu Kedaulatan Pangan," tandasnya. 


Dirinya berharap, keikutsertaan dari seluruh stakeholder untuk sama-sama mengedukasi anak-anak kita lebih cintai lagi terhadap pengembangan pertanian demi menunjang ketersedian pangan yang berkelanjutan. 

Sementara itu Kepala Sekolah Yuli Tuasikal mengucapkan, terima kasih yang sebesar-besarnya kepada pihak Kebun Pattimura khususnya Kodam XVI/Pattimura yang berkenan menerima dan mengijinkan anak muridnya untuk belajar secara langsung tentang cara berkebun, jenis-jenis sayur mayur, pembibitan hingga pemanenan.

Lebih lanjut dikatakan, mengenalkan cara berkebun kepada pada anak, akan lebih bermanfaat jika berinteraksi langsung dengan alam dan ekosistemnya.

Selain membantu pengembangan intelektualitas anak dan kemandirian, terjun langsung dengan alam, juga akan meningkatkan hubungan sosial, membantu anak lebih percaya diri, meningkatkan kemampuan pandang dan sudah tentu akan menyehatkan anak.

“Kedepannya kami dapat diterima lagi bersama anak didik kami untuk memberikan edukasi kepada Mereka," harap Yuli.

Ditempat terpisah, Kolonel Czi Ahmad Yusa, Pamen Ahli Bidang Sishanneg Sahli Pangdam XVI/ Pattimura selaku koordinator Kebun Mutiara Pattimura turut mengungkapkan rasa terima kasih atas kunjungan dalam rangka edukasi. 

"Kami berterima kasih atas kunjungan dari RA Almeera Islamic School Ambon, harapannya Kebun Mutiara Pattimura ini dapat memberikan edukasi dan pengalaman baru bagi anak- anak," ujarnya.*

(ATOM)

Sumber : Pendam16/Ptm

TerPopuler

> Whatsapp-Button