Panwaslu Pulau Makian Gelar Rapat Koordinasi dan Sosialisasi, TNI-Polri Siap Dukung dan Jamin Netralitas

Jumat, 30 Desember 2022, 16:19 WIB
Oleh Cinta Pradiva Alvina Ardianti

SNIPERS.NEWSHalsel - Rapat dan sosialisasi Panwaslu Kecamatan Pulau Makian yang di pusatkan di Sekretariat Panwaslu Desa Kyowor Kecamatan Pulau Makian. Rapat dan Sosialisasi tersebut dipimpin Jufri Ahmad, S.Pd., dan di ikuti juga oleh Camat Pulau Makian Ahmad Wahab S.Pd., Babinsa Desa Talapao Serma Jainal Jalil yang mewakili Danramil 1509-05/Kayoa, Kapolsek Pulau Makian diwakilkan oleh Bhabinkamtibmas Bripka Arman Fahrudin, dan Kepala UPTD Dinas Pendidikan, Razis Turui, S.Pd., serta Kepala Puskesmas Kecamatan Pulau Makian Ibrahim Hasan, Jumat (30/12/2022).

Rapat dan sosialisasi Panwaslu membahas terkait Netralitas TNI-Polri dan ASN dalam pelaksanaan pemilihan yang akan dilaksanakan Pada Bulan Februari 2024, sehingga di Tahun 2023 Jajaran TNI-Polri siap mendukung dan menjamin keamanan serta Netralitas.

Di kesempatan yang sama, Ketua Panwascam Pulau Makian memberikan sambutan saat di tempat acara mengatakan, "netralitas TNI-Polri dan ASN dalam menghadapi tahun politik ke depan, kami dari Panwaslu sangat berharap dengan sinergitas kita semua dalam menghadapi tahun politik ke depan, kami juga membutuhkan Babinsa dan Bhabinkamtibmas yang ada di wilayah berhadapan langsung dengan masyarakat yang ada di Desa-Desa di Kecamatan Pulau Makian agar Bisa menjaga stabilitas keamanan yang ada di wilayah Kecamatan Pulau Makian," ujarnya.

Lebih lanjut dikatakan, "karena untuk TNI-Polri tidak ada hak pilih yang sudah diatur oleh undang-undang yang berlaku dan ASN punya hak pilih namun ada batasan-batasannya yang tidak boleh di langgar. Apabila TNI-Polri dan ASN melanggar dan terlibat dalam politik praktis akan dikenakan sangsi sesuai aturan yang telah berlaku," sambungnya.

Di setiap Instansi terkait seperti TNI dan Polri sudah ada aturan yang di buat oleh atasannya dalam hal ini Panglima TNI dan Kapolri. jadi, dalam sosialisasi ini kita hanya saling mengingatkan satu sama lain agar semua bisa berjalan sesuai dengan koridor yang sudah ada, agar tahapan-tahapan Pilpres di Kecamatan Pulau Makian tetap terjamin keamanan dan kenyamanan untuk para kontestan dan para pemilih," ucap Ketua Panwascam.

Di tempat lain, Danramil 1509-05/Kayoa Lettu Inf Lukito menyampaikan, kami dari TNI menjamin Netralitas TNI, dan kami dari TNI-Polri siap menjamin keamanan pelaksanaan tahapan Pilpres yang akan datang.

"Kami dari Koramil 1509-05/Kayoa tetap menyiagakan Personil Babinsa untuk turut serta dalam keamanan dan stabilitas di wilayah Teritorial Kami, dan kami juga akan mensosialisasikan apa yang menjadi tugas dan tanggung jawab kami sebagai aparat kewilayahan, kami juga ikut menghimbau masyarakat untuk menjaga keamanan sebelum, selama dan sesudah pelaksanaan tahapan Pesta Demokrasi Indonesia," tutup Danramil 1509-05/Kayoa Lettu Inf Lukito.

Rapat dan sosialisasi yang membahas tentang netralitas TNI-Polri dan ASN yang ada di wilayah Kecamatan Pulau makian sepakat untuk menjaga netralitas dan keamanan selama rangkaian dan tahapan pesta demokrasi yang akan dilaksanakan di wilayah tersebut. Aparat TNI-Polri siap mendukung Panwaslu Kecamatan dalam melaksanakan Pesta Demokrasi dan menjamin keamanan serta kenyamanan, sebelum, selama dan sesudah Pelaksanaan Pesta Demokrasi.*

(H.M)

TerPopuler

> Whatsapp-Button