Pelda Humaidi Hadiri Undangan Diskusi Panel Pemberdayaan Desa

Selasa, 06 Desember 2022, 08:10 WIB
Oleh TAUFIQ PERS

SNIPERS.NEWS | Probolinggo -  Bati tuud Koramil 0820/17 Pakuniran Pelda Humaidi menghadiri kegiatan diskusi panel terkait progja (program kerja) DPRD Dapil lll Kabupaten Probolinggo dalam rangka membahas penguatan dan pengelolaan aset desa, penyusunan dan penetapan APBDes (Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa) tahun 2023, bertempat di Aula Kantor Desa Bimo Kecamatan Pakuniran Kabupaten Probolinggo, Selasa (6-12-2022).

Diskusi panel tersebut membahas tentang penetapan perubahan sesuai Perdes (peraturan desa) tentang APBDes TA 2022 itu harus sesuai kebutuhan. Acara secara resmi dibuka Camat Pakuniran Imron Rosyadi, SP.,MM yang dihadiri sejumlah undangan diataranya anggota DPRD Dapil lll Kabupaten Probolinggo, Bati tuud Koramil 0820/17 Pakuniran, Bataud Polsek Pakuniran, instansi terkait, kades se Kecamatan Pakuniran dan tokoh masyarakat Desa Bimo . 

Dalam sambutannya, Camat Pakuniran Imron Rosyadi, SP.,MM meminta masukan dan sumbang saran atas perubahan APBDes yang sesuai aturan yang dilakukan setahun hanya sekali.

Menurut Imron Rosyadi, sumbang saran terhadap perubahan ini dilakukan agar dapat diambil keputusan dan kebijakan desa dalam memajukan pembangunan desa baik yang bersifat kepada terwujudnya kesejahteraan masyarakat.
                              

Dalam kesempatan itu, Bati tuud Koramil 0820/17 Pakuniran Pelda Humaidi mengatakan, APBDesa adalah anggaran pendapatan dan belanja desa, dalam penyusunannya tetap berpegang pada aturan perundang-undangan yang berlaku, sehingga dana yang telah disepakati bersama betul-betul digunakan untuk pembangunan desa, agar nantinya hasil pembangunan tersebut dapat dirasakan oleh seluruh warga masyarakat.

"Dalam APBDes terdapat arah kebijakan pembangunan desa, dan kegiatan ini meliputi penyelenggaraan pemerintahan desa, pelaksanaan pembangunan desa, pembinaan kemasyarakatan desa dan kegiatan pemberdayaan masyarakat yang akan dilakukan oleh pemerintah desa,” terang Bati tuud Koramil 0820/17 Pakuniran seusai menghadiri diskusi panel.

Kegiatan musyawarah desa melalui diskusi panel ini, lanjut Humaidi, dapat berjalan sesuai dengan yang diharapkan bersama dan dapat memberikan manfaat serta amanah dalam menjalankan hasil dari aspirasi masyarakat tersebut.

“Kami ingin semua yang terlibat termasuk pemerintah desa se Kecamatan Pakuniran untuk tetap berkomitmen dengan pengawasan lembaga desa untuk lebih dalam pendampingan dan mengawal sehingga anggaran sesuai dengan peruntukannya," harapnya.*

(Taufiq/Pendim 0820)

TerPopuler

> Whatsapp-Button