Prajurit Ajusta Ajarkan Warga Binaan Berwirausaha

Minggu, 11 Desember 2022, 13:14 WIB
Oleh Cinta Pradiva Alvina Ardianti


SNIPERS.NEWS | Piru - Satgas Yonarmed 1 Kostrad terus melakukan pendekatan humanis terhadap warga binaan di daerah penugasan. 

Kali ini melalui Pos Ramil Luhu-Iha yang berlokasi di Desa Luhu, Kecamatan Huamual, Kabupaten  Seram Bagian Barat melakukan kegiatan pemberdayaan industri rumah tangga kepada warga setempat,  Minggu (11/12/2022).

Dalam keterangan tertulis Penerangan Satgas, Danpos Ramil Luhu Iha Serma Raden Fendi Fidianto menyampaikan, bahwa kegiatan ini dilakukan sebagai wujud kepedulian Pos Ramil Luhu Iha terhadap masyarakat sekitar, khususnya warga Desa Luhu dan Iha yang termasuk dalam wilayah binaan Pos.

"Setelah beberapa bulan mempelajari situasi dan kondisi di sekitar Pos, kami melihat bahwa mayoritas mata pencaharian penduduk di sini yaitu petani dan nelayan," ucapnya.

"Untuk itu, atas perintah Dansatgas Letkol Arm Arief Budiman, S.Sos., M.M., kami berinovasi mengajak dan memberikan keterampilan kepada warga untuk berwirausaha di luar sektor pertanian dan perikanan yang sudah menjadi kebiasaan mereka,” ujar Danpos.

Kegiatan ini pun langsung mendapatkan sambutan baik dari warga kampung bunga, Desa Luhu pada saat anggota Pos mendatangi rumah mereka.


Adapun kegiatan yang dilakukan oleh personel Pos Ramil Luhu Iha yaitu mengajarkan cara membuat kue dengan memanfaatkan bahan pokok yang mudah didapat yaitu pisang.

Sedangkan bahan-bahan pendukung lainnya sengaja dibawa dan diberikan secara gratis oleh personel Pos kepada warga tersebut.

"Salah satu pesan yang kami bawa dalam kegiatan ini adalah agar masyarakat binaan kami lebih percaya terhadap setiap proses. Selain membuka peluang yang selama ini mungkin belum pernah terpikirkan oleh mereka, dengan adanya inovasi ini mudah-mudahan akan membawa dampak positif bagi mereka salah satunya dari hasil penjualan produk tersebut,” tambah Danpos.

Atas kepedulian dan ilmu yang diberikan, Irfan Silehu salah satu tokoh masyarakat Luhu menyampaikan terima kasih dan apresiasinya. 

"Terima kasih kepada bapak TNI sudah mengajarkan hal baru kepada kami. Semoga dengan pengetahuan dan keterampilan yang bapak tularkan bermanfaat bagi warga Desa Luhu khususnya," ucap Irfan Silehu.*

(ATOM)

Sumber : Penrem151/Bny

TerPopuler

> Whatsapp-Button