Sinergitas Polda dan Pelita Kepri Ciptakan Siskamtibmas Yang Aman dan Kondusif

Minggu, 11 Desember 2022, 08:36 WIB
Oleh Redaksi

SNIPERS.NEWS | Batam - Polda Kepulauan Riau (Kepri) bersama Persaudaraan Lintas Agama (Pelita) Kepri menggelar Sirahturahmi dan Dialog Kerukunan dengan Tokoh agama  Islam, Kristen, Budha, Hindu, Konghucu, Katholik, dengan mengusung Tema "Mewujudkan Simkamtibmas Kepri Yang Aman dan Kondusif" berlangsung di Golden Prwn Kecamatan Bengkong Kota Batam Kepulauan Riau, Jumat (8/12/2022).

Hadir dalam acara itu Gubernur Kepri H. Ansar Ahmad beserta OPD, Polda Kepri diwakili oleh AKBP Rudi beserta jajarannya, Sekertaris Pelita Kepri Santoso, Anggota DPRD Provinsi Kepri Asmin Patros, Ketua DPRD Kota Batam Nuryanto, Perwakilan tokoh agama Islam KH. Mustamin Husain, Kristen oleh Pdt. Yaroo Zebua, Katholik oleh Romo Aurelius Pati Soge, S.Pd., Hindu oleh       I Made Karmawan, Budha oleh Asmin Patros.

Gubernur Kepri saat wawancara mengatakan, kegiatan ini bertujuan  menjalin silaturahmi antar umat beragama untuk saling mengingatkan dari satu agama dengan agama lainnya, karena hadirnya tokoh sentral masing-masing agama   menjadi peran penting untuk mengedukasi masyarakat dalam membangun pemahaman agama yang benar dan universal.


"Harapannya, semoga Kepri percepat pembangunan dan menjaga situasi ekonomi karena masih dalam situasi Pandemi Covid-19, langkah signifikan harus dilakukan dengan suatu syarat untuk menjaga keamanan didaerah," ujar Ansar.

Sebelum dialog kerukunan berlangsung, masing-masing tokoh agama membacakan  Deklarasi yang bertujuan untuk menjaga stabilitas kehidupan sosial antar umat beragama. Adapun isi dari deklarasi yang dibacakan adalah :

1. Akan menjaga NKRI, Pancasila dan UUD 1945
2. Menolak segala macam radikalisme teroris dan perbuatan kekerasan lainnya yang bertentangan Pancasila serta merong-rong  NKRI.
3. Memelihara kerukunan antar umat beragama di Kepri dengan mengedepankan kebersamaan Kearifan dan kerukunan masyarakat serta menghindari sikap untuk mementingkan kelompok masing-masing.*

(Rianto/Hms)

TerPopuler

> Whatsapp-Button