Antisipasi Kenakalan Remaja, Lurah Belawan 1 Bentuk Pos Kotis

Kamis, 08 Desember 2022, 16:06 WIB
Oleh Cinta Pradiva Alvina Ardianti

SNIPERS.NEWS | Belawan - Dalam mengatasi tawuran antar lingkungan warga dan antisipasi kenakalan remaja (Geng Motor dan Begal), Lurah Belawan I Lukmanul Hakim membentuk Pos Komando Taktis (Pos Kotis) di 3 (Tiga) titik di Kelurahan Belawan I Kecamatan Medan Belawan, pada Kams (08/12/2022) pukul 12.00 WIB.

Adapun Pos Kotis yang dibentuk dikelurahan Belawan I ada 3 (tiga) titik, Titik I terletak di depan  SMA Hang Tuah Jalan Kapten Raden Sulian, Titik II Di Depan Gereja HKBP Belawan Dua Lorong Persaudaraan Lingkungan 20, dan Titik III di Depan SD/SMP Swasta Methodist 10 Lorong Sempurna 24.

Turut serta dalam kegiatan ini Asep Gani sebagai Kasi Trantib Kelurahan Belawan I, St. Aliandi Manik mewakili Pengurus Gereja HKBP Belawan II, Sriwaty Sibuea S.Pd., Kiki Kurniawan Tarigan Kepala Lingkungan 04, Djaitun Sahara Kepala Lingkungan 09, Eka Siregar Kepala Lingkungan 26, Dian R Fadillah Kepala Lingkungan 15, Novriandi Kepala Lingkungan 20 dan Edi S  Kepala Lingkungan 25.

Ke tiga titik ini dihadiri 4 (empat) orang Kepala Lingkungan di Kelurahan Belawan I dengan 2 shift. Shift I dimulai dari pukul 12.00 WIB sampai pukul 15.00 WIB dan pukul 21.00 WIB sampai pukul 00.00 WIB. 

Dengan berdirinya Pos Kotis, St. Aliandi Manik mewakili Gereja HKBP Belawan II saat diwawancara oleh awak media mengatakan, "kami sangat berterima kasih dengan berdirinya Pos Kotis di Kelurahan Belawan I sehingga mengurangi adanya kumpul-kumpul anak muda sehingga teratasi konflik dengan kumpul- kumpul anak muda lainnya," ucapnya.


St. Aliandi  Manik meminta ke pihak Kepolisian Polres Pelabuhan Belawan agar proaktif dengan organisasi remaja seperti Zapongel yang tidak asing lagi di Belawan yang sering membuat keributan seperti yang baru-baru ini terjadi di jalan Selebes," tambahnya.

Sriwaty Sibuea mewakili Sekolah SD SMP Swasta Nasrani saat diwawancara di lokasi mengatakan, "kita sangat sedih melihat kejadian tawuran atau kenakalan remaja yang sering terjadi di Kecamatan Medan Belawan, sepertinya kurang aktifnya orang tua dalam menjaga anaknya," ucap Sriwaty sebagai Kepala Sekolah SMP Swasta Nasrani. 

Sriwaty Sibuea S.Pd., juga berharap agar lebih aktifnya orang tua untuk menjaga anaknya bila belum pulang agar dijemput atau dipanggil (ditelepon) agar pulang.

"Agar orang tua menjemput atau memanggil (ditelepon) bila belum pulang," tambahnya.

Saat dikonfirmasi Kiki Kurniawan Tarigan Kepala Lingkungan 04 tentang cara membubarkan remaja ya kumpul-kumpul mengatakan, "kita lakukan dengan cara persusif tanpa adanya kekerasan atau alat lainnya," katanya 

Usai menempelkan Spanduk sebagai tanda resmi berdirinya Pos Kotis di Kelurahan Belawan I diakhiri dengan foto bersama.*

(Gunawan)

TerPopuler

> Whatsapp-Button