Tradisi Ma'atenu Atau Atraksi Cakalele di Negeri Pelauw Kecamatan Haruku Mengundang Perhatian Setelah Lama Terhenti

Kamis, 08 Desember 2022, 19:47 WIB
Oleh TAUFIQ PERS

SNIPERS.NEWS | Ambon - Komandan Korem (Danrem) 151/Binaiya, Brigjen TNI Maulana Ridwan, S.H., M.H menghadiri kegiatan Tradisi Ma’atenu atau atraksi Cakalele yang dilaksanakan warga Negeri Pelauw, Kecamatan Pulau Haruku, Kabupaten Maluku Tengah, Provinsi Maluku, Kamis (08/12/2022). 

Tradisi Ma’atenu atau atraksi Cakalele di Desa Pelauw telah berlangsung secara turun-temurun sejak ratusan tahun yang lalu.

Dalam tradisi ini, para peserta biasanya akan memakai pakaian serba putih sambil membawa parang dan juga benda tajam lainnya. 
                             

Mereka kemudian menunjukkan kesaktiannya disetiap bagian tubuh dengan parang yang mereka bawa.

Menariknya, dalam tradisi ini tak ada satupun dari para peserta yang terluka.

Tradisi tersebut biasanya dilaksanakan setiap tiga tahun sekali, terakhir tradisi ini digelar di Desa Pelauw pada 2009 lalu, namun sejak tahun 2010 kegiatan tersebut terhenti selama kurang lebih 12 (dua belas) tahun dan baru dilaksanakan kembali saat ini.
                            

Danrem 151/Binaiya Brigjen TNI Maulana Ridwan, S.H., M.H
saat menghadiri kegiatan, berharap agenda Tradisi Ma’atenu atau atraksi Cakalele ini akan terus menjadi agenda pariwisata nasional, yang mesti didorong dan dipromosikan secara lebih luas.

Lanjut Danrem mengatakan, acara Tradisi Ma’atenu atau atraksi Cakalele adalah sebuah warisan budaya leluhur yang diturunkan dari generasi ke generasi. "Bahkan memiliki nilai historis berharga," ucapnya. 

Maka, menjadi tugas dan kewajiban, untuk menjaga kewarisannya secara berkelanjutan kepada anak cucu masa kini dan masa akan datang.

Hadir dalam kegiatan Pangdam XVI/Ptm (Mayjen TNI  Ruruh A. Setyawibawa, S.E., M.M), Kapolda Maluku (Irjen Pol Drs Lotharia Latif, S.H., M.Hum),  Danlantamal IX Ambon (Brigjen TNI (Mar) Said Latuconsina, M.M., M.T), Danrindam XVI/Ptm (Kolonel inf Anggit Exton), Pejabat Bupati Maluku Tengah (DR Muhamat Marasabessy, ST, SP, M.Tech) bersama Forkopimda Kabupaten Malteng, Bupati Buru (Djalaludin Salampessy, S.P.i.Msi), Dandim 1504 Pulau Ambon dan Pp Lease (Kolonel Inf Zamril Philiang), Kapolresta P. Ambon dan P.p. Lease (Kombespol Raja Arthur Lumongga S.,S.I.K), Camat pulau Haruku (Bpk Ali Latuconsina), Bpk Raja Negeri Pelauw (Rasyad Effendi Latucosina) dan tokoh masyarakat, adat, agama, pemuda serta tamu undangan dan masyarakat Negeri Pelauw.*

(ATOM)
Sumber : Penrem151/Bny

TerPopuler