Banjir Rob di Pesisir Pantai, Babinsa Paiton Gelar Kerja Bakti

Kamis, 12 Januari 2023, 15:52 WIB
Oleh TAUFIQ PERS

SNIPERS.NEWS | Probolinggo - Banjir rob menyebabkan tanggul di pesisir pantai di Dusun Grinting Desa Karanganyar Kecamatan Paiton jebol dan masuk ke pemukiman warga.

Terjadinya air laut rob memang sering terjadi di wilayah ini dikarenakan tanggul tidak mampu mambendung terjangan ombak air laut.

Mengantisipasi adanya rob susulan, Babinsa Koramil 0820/16 Paiton, Serma Babun Sugianto bersama warga masyarakat setempat melaksanakan kerja bakti pembuatan tanggul di pesisir pantai di Dusun Grinting RT.23/RW.14 Desa Karanganyar Kecamatan Paiton Kabupaten  Probolinggo, Kamis (12/1).

Dengan sigap, Babinsa dan warga setempat dengan peralatan seadanya melakukan gotong royong memperbaiki tanggul yang jebol, sementara dilakukan dengan cara membuat patok-patok bambu, selanjutnya diisi dengan karung yang berisi tanah sebagai talud untuk menutupi kerusakan tanggul sembari menunggu perbaikan dari pemerintah secara permanen. 

Dijelaskan Babinsa Serma Babun Sugianto, pelaksanaan kerja bakti perbaikan tanggul memang sudah direncanakan sejak lama, namun karena kondisi terjangan ombak air laut yang semakin membesar bahkan melewati tanggul, maka kegiatan kerja bakti urung dilakukan.

"Beruntung saat ini air laut turun sehingga kegiatan perbaikan tanggul baru bisa dilakukan pada hari ini," jelas Serma Babun. 
                            

Ia juga mengatakan, peristiwa tanggul jebol di lokasi ini sudah berulangkali terjadi, hingga menimbulkan kekhawatiran warga jika tanggul tidak segera diperbaiki, maka kemungkinan akan menambah parah dan semakin melebar kerusakannya.

"Saya berharap dengan adanya kerja bakti ini, dapat memberikan manfaat bagi semua warga Dusun Grinting Desa Karanganyar Kecamatan Paiton. Selain itu, melalui kegiatan kerja bakti ini tercipta kemanunggalan TNI dengan rakyat," ujar Babun.  

Ditempat terpisah, Danramil 0820/16 Paiton Kapten Inf Subaeri, membenarkan apa yang dilakukan anggotanya tersebut, bahwa di wilayah teritorialnya terjadi berbagai bencana alam, sehingga seluruh Babinsa diperintahkan lebih aktif memantau wilayah binaannya masing-masing.*

(Taufiq/Pendim0820)

TerPopuler

> Whatsapp-Button