Beri Rasa Aman dan Kelancaran, Personel Polsek Bangli Amankan Upacara Nyenuk Warga Pande

Selasa, 10 Januari 2023, 13:09 WIB
Oleh Cinta Pradiva Alvina Ardianti

SNIPERS.NEWS | Bangli - Ritual “Nyenuk” merupakan simbul turunnya Dewata Nawasanga. Menjelang berakhirnya Karya Pedudusan Tawur Agung, Nubung Pedagingan, Malaspas, Ngenteg Linggih, Mapaselang dan Meperayungan, Selasa siang, (10/01/2023) digelar upacara Nyenuk.

Upacara Nyenuk ini dimaknai sebuah simbul kedatangan “tamu” para Dewata-dewati dari kayangan untuk memberikan waranugraha atau anugrah kepada umatnya dalam melaksanakan upacara agar berjalan lancar dan sukses.

Untuk keamanan dan lancarnya upacara Nyenuk serta lancarnya arus lalin di sepanjang Jalan Merdeka, Jalan Kusuma yuda, Jalan Gusti Ngurah Rai dan Ir.Sukarno (lokasi dilaksanakannya upacara Nyenuk), Personil gabungan Polsek dan Polres Bangli  dipimpin Kabag Ops Kompol I Ketut Maret, S.H., didampingi Kasat Sabhara AKP I Kadek Suadnyana, S.H., Wakapolsek AKP I Dewa Made Anom Astawa, S.H., Pawas Iptu I Wayan Santika dan perwira lainnya dan bersinergi dengan Instansi terkait serta berkalaborasi dengan Pecalang, melaksanakan pengamanan giat dimaksud dengan melaksanakan buka tutup arus lalulintas dan pengaturan dari depan Pasar Kidul Bangli sampai simpang empat tamanbali menuju Pura Penataran Pande, Desa Tamanbali, Kecamatan/Kabupaten Bangli.

Giat pengaturan dimulai pukul 08.00 wita mengingat pemendak warga pande se Bali sudah mulai berdatangan dan berkumpul di seputaran Pasar dan Terminal loka srana Bangli.


Prosesi Nyenuk dengan Mepeed diawali dari Pura Dadia Pande Banjar Pule bergerak berjalan kaki menuju simpang empat Catus Pata kebarat - RSU Lama belok kiri - Jalan Gusti Ngurah Rai Bangli - Jalan Merdeka - Jalan Ir. Sukarno sampai simpang empat Tamanbali belok kanan sampai di Pura Penataran Pande Desa Tamanbali.

Dengan menempuh  jarak kurang lebih 5 KM dan pada pukul 12.40 Wita seluruh iring-iringan upacara Nyenuk dengan Mepeed telah memasuki pura Penataran Pande Desa Tamanbali Bangli, selama kegiatan berlangsung situasi mancarli.

Kapolsek Bangli Kompol Made Dwi Puja Rimbawa, S.H., M.H., seijin Kapolres Bangli saat dikomfirmasi mengatakan, "Polri sebagai pelayan masyarakat sudah menjadi tugas dan kewajiban baik diminta maupun tidak dari masyarakat mengamankan kegiatan keagamaan yang dilaksanakan apalagi melibatkan banyak orang, agar dalam pelaksanaannya dapat terlaksana dengan aman, tertib dan lancar," ujarnya.

"Untuk itu Jajaran Polsek Bangli disebar mulai dari awal keberangkatan dari simpang tiga depan Pasar kidul hingga sampai di simpang empat tamanbali, untuk mengantisipasi kegiatan warga masyarakat pande sebali yang sedang mepaksanakan upacara nyenuk serangkaian Karya di Pura Penataran Pande Desa tamanbali, sehingga kegiatan tersebut dapat berjalan dengan aman, lancar dan kondusif," imbuh Kompol Made Dwi Puja Rimbawa, S.H., M.H.*

(Lilik/Hms)

TerPopuler

> Whatsapp-Button