Kasdam Pattimura Hadiri Peringatan 205 Tahun Perjuangan Pahlawan Martha Christina Tiahahu di Halong

Senin, 02 Januari 2023, 13:31 WIB
Oleh Cinta Pradiva Alvina Ardianti

SNIPERS.NEWS | Ambon - Kepala Staf Kodam XVI/Pattimura Brigjen TNI Asep Abdurachman mewakili Pangdam XVI/Pattimura menghadiri Peringatan 205 Tahun Pahlawan Martha Christina Tiahahu yang digelar di Dermaga Irian Halong, Lantamal IX/Ambon, Senin (02/01/2023).

Kegiatan yang mengusung tema :  “Membangun  Perempuan Maluku yang Cakap Digital di Era Milenial” dipimpin oleh Kapolda Maluku Irjen Pol Lotharia Latif, S.H., M.Hum., dengan Komandan Upacara oleh Mayor Laut (K/W) dr. Indriani M.R Hutagalung, Sp., T.H., T.K.L.

Tujuan digelarnya peringatan 205 tahun perjuangan Pahlawan Martha Christina Tiahahu adalah mengenang kembali gigihnya perjuangan pahlawan Maluku melawan dominasi penjajahan atas negeri dan rakyat Maluku serta Indonesia, khususnya Martha Christina Tiahahu.

Yang mana pada saat itu dengan jiwa Kabaresi Putri Nusa Laut yang ketika 205 tahun yang lalu bisa meruntuhkan keangkuhan penjajah hanya dengan tombak, bambu runcing serta parang Salawaku. 


Kegiatan tersebut diawali dengan mengheningkan cipta dipimpin oleh Inspektur upacara dilanjutkan dengan pelarungan karangan bunga di laut dan tabur bunga oleh inspektur upacara diikuti tamu undangan, diakhiri dengan penghormatan kepada arwah pahlawan.

Dalam kesempatan yang sama, Kasdam XVI/Pattimura beserta tamu undangan yang hadir meninjau Kapal Kalaura milik Lantamal IX/Ambon.

Kapal tersebut merupakan Kapal yang digunakan untuk patroli perbatasan di perairan wilayah Maluku.

Turut hadir dalam Upacara tersebut, Danlantamal IX/Ambon Brigjen TNI (Mar) Said Latuconsina beserta Istri, PJU Lantamal IX/Ambon, PJU Polda Maluku dan  Perwakilan OPD Provinsi Maluku.*

(ATM - MM)

Sumber :  Pendam16/Ptm

TerPopuler

> Whatsapp-Button