Laksanakan Komsos, Serka Choiron Bantu Warga Bersihkan Jalan Persawahan

Jumat, 13 Januari 2023, 13:26 WIB
Oleh TAUFIQ PERS

SNIPERS.NEWS | Probolinggo - Guna menjalin kemanunggalan TNI dengan rakyat, Serka Choiron Babinsa Koramil 0820/26 Tegalsiwalan melaksanakan Komunikasi Sosial (Komsos) dengan warga di Dusun Sumur Desa Gunung Bekel Kecamatan Tegalsiwalan Kabupaten Probolinggo, Jumat (13/1/23).

Menurut Serka Choiron, pembinaan Komsos merupakan salah satu kemampuan aparat teritorial (Babinsa), karena dengan Komsos diharapkan seorang Babinsa akan mengetahui tentang kondisi sosial masyarakatnya, sekaligus untuk mendapatkan data dan fakta sebagai penunjang tugas kewilayahan.

Kegiatan yang dilaksanakan oleh Babinsa di wilayah bukan hanya sekedar silahturahmi dan sinergitas antara Babinsa dengan tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh adat maupun tokoh pemuda saja.

Namun, terhadap semua lapisan masyarakat, termasuk para petani yang sedang melakukan aktifitas di sawahpun tak luput dari incaran Serka Choiron dalam menjalin rasa keakraban serta kebersamaan yang baik dengan warganya.
                              

"Kita sebagai Babinsa harus akrab dan saling mengenal juga dikenal. Bagaimana bisa menjalankan kegiatan di wilayah yang bisa berjalan dengan baik dan lancar, diharapkan antara TNI bersama masyarakat berbaur menjadi satu, manunggal, sehingga dapat bersama-sama mengatasi kesulitan-kesulitan yang dialami masyarakat," paparnya.


Dijelaskan oleh  Serka Choiron bahwa sudah menjadi bagian dari tugas Babinsa secara rutin menjalankan Komsos dengan masyarakat di wilayah binaannya.

"Hal ini penting untuk dilakukan demi hubungan yang harmonis antara Babinsa dengan masyarakat binaan. Dengan mendatangi dan berbicara bersama warga, dengan sistem anjangsana seperti inilah kedekatan dan kebersamaan antara TNI dengan masyarakat dapat terjalin dengan baik, sehingga sasaran kegiatan Pembinaan Teritorial (Binter) dapat dicapai dengan optimal," tandasnya.

Di tempat yang sama, Dullah warga Dusun Sumur Desa Gunung Bekel menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih terhadap Babinsa, bahwasanya Babinsa selalu ada dalam kegiatan semacam ini sehingga akan terjalin keakraban yang harmonis.*

(Fiq/Pendim 0820)

TerPopuler

> Whatsapp-Button