Lantamal I Ikuti Rekonsiliasi Internal Penyelesaian Tutup Periode TA 2022

Thursday, January 19, 2023, 12:50 WIB
Oleh Redaksi

SNIPERS.NEWS | Belawan - Dinas Keuangan Angkatan Laut (Diskual) mengadakan rekonsiliasi internal penyelesaian tutup periode Bulan Desember 2022 antara Badan Perencanaan (Baren), Badan Logistik (Balog) dan Badan Keuangan (Baku) di Lingkungan Unit Organisasi TNI AL Semester II T.A 2022, bertempat di Gedung OB. Syaaf Mako Lantamal I Jalan Serma Hanafiah No. 01 Belawan, Medan, Sumatera Utara, Kamis (19/01/2023).

Kegiatan ini merupakan salah satu implementasi Perintah Harian Kasal Laksamana TNI Muhammad Ali, S.E., M.M., M.Tr. Opsla., yaitu satukan visi, samakan langkah dan persepsi seluruh lapisan di dalam organisasi Angkatan Laut, guna mencapai program-program prioritas yang telah ditentukan. 

Sebelum acara pembukaan, Sekdiskual bersama rombongan melaksanakan kunjungan Courtesy Call ke Mako Lantamal I, dan diterima langsung oleh Komandan Lantamal I Laksamana Pertama TNI Johanes Djanarko Wibowo beserta para PJU dan Ka Akun Lantamal I.
 
Kegiatan yang berlangsung selama dua hari mulai Kamis 19 hingga Jumat 20 Januari 2023 tersebut diikuti oleh jajaran Kakuwil dan Ka Akun serta Staf Akun Lantamal I, Lantamal II, Lanal Sibolga, Lanal Nias, Lanal Bengkulu, Lanal Bintan, Lanal Sabang, Lanal Lhokseumawe, Lanal Tanjung Balai Asahan, Lanal Dumai, Fasharkan Mentigi dan RSAL Midiyanto. 


Acara tersebut dibuka oleh Kepala Diskual (Kadiskual) Laksamana Pertama TNI Poedji Santoso, CHRMP., yang diwakilkan oleh Sikdiskual Kolonel Laut (S) Burhanudin.

Dalam sambutan Komandan Lantamal I (Danlantamal I) Laksamana Pertama TNI Johanes Djanarko Wibowo mengharapkan, kegiatan dapat berlangsung dengan baik dan lancar, sehingga tercapai sasaran terwujudnya laporan keuangan Unit Organisasi TNI AL yang akuntabel dan berkualitas, guna mencapai penilaian opini BPK yang lebih baik.

"Kepada seluruh peserta rekon, saya ucapkan selamat datang dan mengikuti rekon dengan penuh semangat, serta manfaatkan momen dan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya," ucap Danlantamal I.

Sambutan Kadiskual yang dibacakan oleh Sekdiskual menyatakan, bahwa kegiatan ini diikuti oleh 13 Satker dan 65 personil, penyelenggaraan rekonsiliasi saat ini adalah rekonsiliasi internal terkait penyelesaian tutup periode bulan Desember 2022 antara Baren, Balog dan Baku di lingkungan UO TNI AL Semester II T.A 2022. 


Rekonsiliasi juga merupakan proses pencocokan data transaksi keuangan yang diproses dengan beberapa sistem atau sub sistem yang berbeda, berdasarkan dokumen sumber yang sama. Selain itu, sebagai sinkronisasi data antara badan perencanaan, badan logistik dan badan keuangan, dimana tahun 2022 ini sudah menggunakan aplikasi "Sakti" secara full modul.

Masih dalam amanat Kadiskual yang dibacakan oleh Sekdis, terdapat menyampaikan beberapa penekanan, yaitu laksanakan rekonsiliasi internal ini dengan penuh rasa tanggung jawab, tingkatkan sinergitas antara badan perencanaan, logistik dan badan keuangan dalam melaksanakan pertanggung jawaban APBN, lengkapi data rekonsiliasi dengan dokumen sumber yang memadai, laporkan data adminstrasi pengelotaan hibah, hutang piutang rumkit serta pengelolaan PNBP secara memadai.

"Kemudian tingkatkan kemampuan profesional dalam mengawaki organisasi sesuai tugas yang diemban, guna meningkatkan kinerja secara optimal. Jadikan hasil rekonsiliasi internal ini sebagai dasar penyusunan laporan keuangan semester II TA 2022. Kepada para Kakuwil, saya minta untuk ikut serta mengawasi dan bertanggung jawab atas pelaksanaan rekonsiliasi satker jajarannya," tegasnya.

Hadir dalam acara ini Sekdiskual beserta rombongan, para Asisten Danlantamal I, Ka Akun, Karumkit Dr. Komang Makes, Kafasharkan Belawan, Danyonmarhanlan I, Tim Asistensi Kemenkeu dan Tim Rekonsiliasi Diskual.*

(Red)

TerPopuler