Longsor Terjadi di Krucil, Babinsa Beserta Warga Gelar Kerja Bakti

Selasa, 03 Januari 2023, 13:18 WIB
Oleh TAUFIQ PERS

SNIPERS.NEWS | Probolinggo - Anggota Koramil 0820/25 Krucil, Sertu Awan Morau dan Serda Hariadi bersama masyarakat laksanakan karya bhakti membuka jalan yang tertimbun material longsor, disebabkan curah hujan yang tinggi mengguyur di Dusun Krajan Desa Tambelang Kecamatan Krucil Kabupaten Probolinggo, Selasa (3/1/2023).

Menurut Sertu Awan, meskipun kejadian tersebut tidak ada korban jiwa, tetapi telah mengakibatkan tertutupnya akses jalan penghubung menuju desa sekitar.

Adapun kendala yang dihadapi pada saat membuka jalan tersebut adalah tidak bisa menggunakan alat berat sehingga pengerjaanya agak lambat dan kondisi cuaca pada saat itu masih hujan dan tidak menutup kemungkinan akan terjadi longsor susulan.

Disela-sela kesibukannya, Sertu Awan Morau salah satu Babinsa Koramil 0820/25 Krucil berkesempatan berbincang dengan Tim Liput Pendim 0820, dia mengatakan bahwa dirinya akan selalu bekerja sama dengan pemerintah desa, juga akan selalu berkomunikasi untuk memantau wilayah bilamana terjadi bencana alam.

"Kami bersama warga masyarakat juga akan bergotong-royong melaksanakan normalisasi jalan yang tertutup timbunan tanah meskipun untuk saat ini menggunakan alat seadanya, sehingga jalan menjadi lancar dan dapat digunakan kembali,” tuturnya.
                             

Lebih lanjut, dirinya menjelaskan bahwa tanah longsor yang menutupi sebagian jalan desa mengakibatkan akses jalan tertutup dan kendaraan tidak bisa melintas. 

Selain itu, Awan Morau juga mengingatkan agar warga senantiasa waspada terhadap segala ancaman bencana alam dalam musim hujan seperti sekarang ini 

“Kami menghimbau agar warga apabila ada kejadian di wilayahnya agar segera melapor dengan cepat, dengan harapan dapat segera di tangani," ucapnya. 

Sementara, Sutikno salah satu warga di Dusun Krajan mengucapkan terima kasih kepada seluruh unsur yang membantu dalam kegiatan kerja bakti yang dilaksanakan, berkat sinergitas tersebut tanah longsor yang menghalangi jalanpun bisa teratasi. 

“Ini merupakan bencana yang tidak diminta, tetapi kepada seluruh masyarakat supaya selalu waspada karena sekarang sudah memasuki musim penghujan,” pungkasnya.*

(Taufiq/Pendim 0820)

TerPopuler

> Whatsapp-Button