Manfaatkan Lahan, Koramil 0820/08 Sukapura Gelar Komsos

Selasa, 17 Januari 2023, 10:54 WIB
Oleh TAUFIQ PERS

SNIPERS.NEWS | Probolinggo - Letak geografis Kecamatan Sukapura adalah daerah perbukitan hingga pegunungan dengan pemandangan alam yang sangat indah dan menakjubkan.

Namun demikian, pada saat musim penghujan tiba sering terjadi bencana tanah longsor karena struktur tanahnya tidak stabil. 

Pelda N Dodik H Bati Komsos Koramil 0820/08 Sukapura laksanakan komsos (komunikasi sosial) di kediaman Gundik Tinoto selaku Sekretaris Desa Sariwani yang dihadiri oleh Ketua RT.04 Dusun Krajan, Ketua Kelompok Tani Hutan (KTH) Sari Makmur Fitra Ardi, Selasa (17/1/23).

"Selain membahas soal keamanan di Desa Sariwani, disini kami juga membahas terkait Kelompok Tani Hutan sebagai sumber pengelolaan kami dari hasil pertanian diantaranya pohon sengon, durian, alpukat, ekaliptus, serta jahe," papar Pelda N Dodik.

Dalam komsosnya, Pelda N Dodik menjelaskan tentang pentingnya penanaman pohon, karena ini merupakan rangkaian kegiatan jangka panjang untuk menghijaukan kembali pegunungan Kendeng dan mengalihkan kebiasaan masyarakat menanam jagung dan palawija, menjadi tanaman keras dan buah yang produktif.
                              

"Penanaman pohon ini nantinya bermanfaat bagi orang banyak. Tanaman buah yang sudah tertanam agar dirawat dengan baik serta kita dukung upaya pemerintah dalam kegiatan pelestarian alam dan lingkungan diwilayah pegunungan Sukapura," tambah Dodik.

Senada dengan Dodik, Ketua KTH Sari Makmur Fitra Ardi merinci lahan seluas 25 hektar ini merupakan sumber penghasilan dari Desa Sariwani dengan perawatan masih berusia 2 bulan dalam keadaan subur dengan pemupukan oleh Kelompok Tani Hutan Sari Makmur yang tengah ditanami ribuan pohon.

"Lahan seluas 25 hektar, ditanami pohon sengon sebanyak 5000, durian dan alpukat masing-masing 1.100 pohon, ekapliptus 6000 pohon, serta jahe 600 Kg," jelas Fitra.

Sebagai informasi, timeline pembakuan lahan dan penanaman ini dibutuhkan waktu selama satu bulan penuh dengan mengerahkan warga yang tergabung dalam KTH Sari Makmur Desa Sariwani sejumlah 20 orang dengan upah per hari masing-masing orang mendapatkan seratus ribu rupiah.*

(Fiq/Pendim 0820)

TerPopuler

> Whatsapp-Button