Pangdam Pattimura Dampingi Kepala BNPB RI Tinjau Tanimbar Pasca Gempa 7,9 SR

Kamis, 12 Januari 2023, 19:39 WIB
Oleh TAUFIQ PERS

SNIPERS.NEWS | Ambon - Pangdam XVI/ Pattimura Mayjen TNI Ruruh A. Setyawibawa, S.E., M.M menyambut kedatangan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Indonesia, Letjen TNI Suharyanto yang tiba pagi ini di Bandara Internasional Pattimura Ambon, Kamis (12/01/2023). 

Kedatangan Kepala BNPB ke wilayah Maluku guna meninjau secara langsung wilayah Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Maluku Tenggara Barat yang beberapa hari lalu diguncang gempa bumi 7,9 SR hingga BMKG Maluku mengeluarkan status Siaga Tsunami.

Sebelum bertolak ke Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Pangdam bersama Kepala BNPB dan rombongan serta Forkopimda Provinsi Maluku yang hadir melaksanakan rapat koordinasi yang dipimpin oleh Wakil Gubernur Maluku, Barnabas Orno didampingi Deputi Bidang Geofisika BMKG dan Pj. Bupati Kabupaten Kepulauan Tanimbar.
                                

Dalam rapat tersebut, disampaikan beberapa hal terkait musibah gempa bumi di Kabupaten Kepulauan Tanimbar yang sudah sering terjadi secara masif di area yang sama, sehingga diperlukan penetapan status tanggap darurat dan pengambilan langkah- langkah penanganan. 

"Secara umum dampak gempa yang terjadi beberapa waktu lalu di Kabupaten Kepulauan Tanimbar sebagian besar rumah dan bangunan rusak sedang," terang Wagub. 

Di masa tanggap darurat, Wagub meminta kepada Pemerintah Daerah dan Pemerintah Kabupaten dapat memenuhi kebutuhan dasar masyarakat hingga bantuan dari pusat tiba. 

Bantuan operasional BNPB Pusat akan diberikan kepada BPBD Provinsi yang nantinya akan disalurkan kepada masyarakat wilayah terdampak gempa. 

Menanggapi hal tersebut, Pangdam turut mendukung upaya- upaya yang diambil Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Daerah dalam menangani dampak bencana gempa. 

"Saya turut mengajak semua unsur untuk saling bahu membahu, bergandengan dalam penanganan ini, supaya masyarakat pulih lebih cepat, bisa beraktivitas seperti sedia kala," kata Pangdam. 

Sekitar pukul 10.20 Wit, Pangdam bersama rombongan take off menuju Bandara Mathilda Batlayeri Saumlaki. 

Turut hadir bersama rombongan, diantaranya Mayjen TNI Fajar Setiawan selaku Deputi Bidang Penanganan Darurat BNPB, Kapolda Maluku Irjen Pol Lotharia Latif, Kabinda Maluku Brigjen TNI Anton Irianto Popang, Danlantamal IX/ Ambon Brigjen TNI (Mar) Said Latuconsina, Kasdam XVI/Pattimura Brigjen TNI Asep Abdurachman, Kapoksahli Pangdam XVI/ Pattimura Brigjen TNI Syaepul Mukti Ginanjar, Danrem 151/ Binaiya Brigjen TNI Maulana Ridwan, para tenaga ahli BNPB, dan sejumlah pejabat Forkopimda Provinsi Maluku.*

(ATM-MM)

Sumber : Pendam16/Ptm

TerPopuler

> Whatsapp-Button