Pangdam Pattimura Hadiri Vicon Monitoring Pergantian Tahun 2022-2023

Minggu, 01 Januari 2023, 13:51 WIB
Oleh Redaksi

SNIPERS.NEWS | Ambon - Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Ruruh A. Setyawibawa, S.E., M.M., bersama Kapolda Maluku Irjen Pol Lotharia Latif menghadiri Vicon Monitoring Pergantian Tahun Baru 2022 - 2023, bertempat di Lapangan Ch Tahapary, Tantui Ambon, Sabtu (31/12/2022). 

Kegiatan Vicon ini bertujuan untuk melaksanakan monitoring dan pengawasan terhadap Pos Pengamanan Tahun Baru 2022 - 2023 di tiap- tiap Polda seluruh Indonesia.

Vicon ini dipimpin langsung oleh Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono bersama Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo secara terpusat, yang mana peserta vicon mampu berinteraksi langsung dengan Panglima TNI dan Kapolri. 

Ketika berinteraksi dengan Panglima TNI dan Kapolri, Kapolda yang didampingi Pangdam melaporkan situasi terkini terkait pengamanan jelang tahun baru 2023 dan tantangan yang dihadapi di lapangan, seperti cuaca ekstrem.

"Kami menggelar 3000 personel gabungan TNI - Polri dan instansi terkait. Khusus di wilayah Maluku, beberapa minggu ini sesuai dengan informasi BMKG. Yang menjadi  concern kita adalah, bagaimana mengantisipasi arus moda transportasi laut," ujar Kapolda. 

"Kami dari pihak Polair dan TNI AL terus melakukan patroli - patroli di pelabuhan, karena karakteristik wilayah Maluku bulan Desember, ombak cukup tinggi dan hujan," jelas Kapolda. 


Menanggapi hal tersebut, Panglima TNI menyapa peserta Vicon Pospam Maluku sekaligus menyampaikan beberapa hal.

"Euforia tahun baru waspadai peningkatan arus penggunaan kapal-kapal perintis ke daerah - daerah seperti Namlea, Maluku Tengah maupun Tual," kata Panglima TNI.

"Lalu seperti yang telah dilaporkan Pangdam mengenai situasi wilayah iMaluku Tenggara, Kariu - Pelauw agar menjadi perhatian, dan mudah-mudahan semuanya aman, di tahun baru ini menjadi langkah awal untuk bersatu kembali, dapat beraktivitas normal," ujar Panglima TNI. 

Disela - sela acara setelah Vicon, tepat pukul 00.00 WIT 1 Januari 2023, Pangdam mengucapkan Selamat Tahun Baru 2023 kepada para tamu undangan yang hadir, juga untuk TNI - Polri.

"Berdasarkan informasi yang masuk, semuanya berjalan dengan tertib, aman dan lancar, berkat kerjasama kita semua. Selamat tahun baru 2023, mari kita songsong tahun 2023 dengan kesuksesan dan keberkahan," ujar Pangdam. 

Turut hadir dalam Vicon ini diantaranya Wakapolda Maluku Brigjen Pol Jan de Fretes, Danrem 151/ Binaiya Brigjen TNI Maulana Ridwan, Kabinda Maluku Brigjen TNI Anton Irianto Popang, Danlanud Pattimura, Kasi Ops Korem 151/ Binaiya, Kasi Intel Korem 151/ Binaiya, Kapolresta Ambon, Dansat Brimob Polda Maluku dan Forkopimda Provinsi Maluku.*

(ATM-MM)

Sumber : Pendam16/Ptm

TerPopuler

> Whatsapp-Button