Pasca Gempa 7,9 SR Guncang Maluku, Kodam Dirikan Posko Terpadu di Wilayah Terdampak

Selasa, 10 Januari 2023, 20:14 WIB
Oleh Cinta Pradiva Alvina Ardianti

SNIPERS.NEWS | Saumlaki - Gempa bumi 7,9 SR mengguncang wilayah Kabupaten Kepulauan Tanimbar,  Maluku Tenggara, Selasa (10/01/2023) dini hari tadi. 

Akibat dari gempa Gempa berkedalaman 131 KM dengan titik gempa terjadi pada 150 km arah barat laut Maluku Tenggara Barat, BMKG mengeluarkan peringatan dini tsunami. 

Berdasarkan informasi dari BMKG, gempa bumi dini hari tadi merupakan jenis gempa bumi menengah akibat adanya subduksi Laut Banda. Dampak dari gempa bumi tersebut dirasakan di wilayah Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Kabupaten Maluku Tenggara, Maluku Barat Daya, Seram, Ambon, Piru hingga Nusa Tenggara Timur dan Papua. 

Adapun kerugian akibat dari adanya gempa tersebut sebanyak puluhan rumah masyarakat di Kabupaten Kepulauan Tanimbar  mengalami rusak ringan, 1 orang warga meninggal pada saat menyelam serta beberapa masyarakat mengalami luka ringan akibat terkena reruntuhan bangunan.

Saat ini masih terus berlanjut dilakukan pendataan dan pengecekan terhadap kemungkinan masih adanya kerusakan maupun korban di beberapa kecamatan antara lain, Komormolin, Tanimbar Selatan, Wuarlabobar dan wilayah lainnya.


Menindaklanjuti adanya dampak gempa tersebut, Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Ruruh A. Setyawibawa, S.E., M.M., memerintahkan untuk segera berkoordinasi dengan unsur terkait dan mengambil langkah-langkah penanggulangan bencana serta mendirikan posko terpadu. 

"Segera ambil langkah penanganan dan  dirikan posko terpadu penanggulangan bencana ditingkat Kodim/Kabupaten, juga tingkat Koramil untuk  mengkoordinasikan, mengendalikan, memantau pengerahan sumberdaya dalam rangka penanganan tanggap darurat bencana secara cepat, tepat, efektif dan efisien," ujar Pangdam.

Posko Terpadu Penanggulangan Bencana didirikan di Kodim 1507/ Saumlaki Kabupaten Kepulauan Tanimbar bersama Pemkab, Polres dan unsur terkait. Selain itu pada tingkat Koramil/Kecamatan juga didirikan posko, mengingat penduduk yang terdampak ini menyebar saling berjauhan. 

Antara lain di Kecamatan Tanimbar Selatan , Kecamatan Kormomolin dan Kecamatan Wuar Labobar. 

Tak hanya itu, posko-posko tadi juga menyediakan posko bantuan berupa posko pengungsi, dapur umum dan pelayanan kesehatan.*

(ATM-MM)

Sumber : Pendam16/Ptm

TerPopuler

> Whatsapp-Button