PASU, Dinkes dan BKB Sumut Akan Gelar Bakti Sosial

Kamis, 19 Januari 2023, 10:12 WIB
Oleh Redaksi

SNIPERS.NEWS | Medan - Sejumlah fungsionaris Pengurus Besar Perkumpulan Advokat Sumatera Utara (PB-PASU) pada Selasa (18/01/2023) silaturahmi ke Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara, yang beralamat di Jalan Prof HM Yamin No. 41AA, Perintis, Medan Timur, Kota Medan.

Maksud dan tujuan silaturahmi tersebut adalah untuk membicarakan pelaksanaan kegiatan bakti sosial yang akan digelar di Desa Tanjung Rejo, Kecamatan Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang pada Sabtu 04 Februari 2023 yang akan datang.

Kedatangan sejumlah fungsionaris PB-PASU diantaranya Eka Putra Zakran, S.H., M.H., (Ketua Umum), Amiruddin Pinem, S.H., (Sekretaris Jenderal), Imam Rusyadi Pangat, S.H., (Ketua Panitia Milad) dan Irfan Batubara, S.H., (Direktur Infokom) diterima Kepala Dinas Kesehatan Sumut dr Alwi Mujahid Hasibuan, yang dalam hal ini diwakili oleh dr. Sumihar, Kabid Yankes, dr. Yulia Mariani, M.Kes., Kasi Yankes Primer Brigjen TNI (Purn) dr. Harry Yusmanadi, Ketua Satgas Bakti Kesehatan Bermartabat (BKB) Sumut dan sejumlah pejabat lainnya.

"Di Dinkes Sumut ada dua klasifikasi pelayanan. Pertama, pelayanan kesehatan bergerak, dalam hal ini kami mendatangi langsung masyarakat ditempat-tempat terpencil. Kedua, adanya Satgas BKB. Nah, Satgas BKB ini merupakan program langsung Gubernur Sumut untuk mewujudkan masyarakat Sumut bermartabat," jelas dr. Sumihar.

Sementara itu, Ketua Satgas BKB Sumut Brigjen TNI (Purn) dr. Harry Yusmanadi menyatakan, pihaknya menyampaikan terima kasih atas kehadiran PASU. "Kedua, kalau kami dari BKB arahnya kerjanya pengabdian dan anggotanya adalah dokter-dokter yang sudah tua-tua atau para dokter senior," kata Harry.


"Ada sedikit dinamika yang dihadapi, diantaranya kesulitan karena permintaan membludak, disamping itu kami juga sulit mengajak dokter muda profesional untuk bergabung di BKB, namun dalam melayani kami tetap profesional. Kami berharap kepada PASU, agar dapat membantu terkait masalah hukum. Ke depan harapannya, kami akan lebih fokus memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat, tapi bukan berarti kami mengambil peran Dinkes," ujarnya.

Sementara itu, Eka Putra Zakran, S.H., M.H., Ketum PASU yang biasa di sapa Epza ini menyampaikan paparan terkait visi-misi PASU. 

"Adapun visi-misi PASU yaitu menguatkan eksistensi dan menjaga marwah advokat untuk menjadi penegak keadilan ditengah masyarakat, dengan cara berjuang dan bergerak melakukan pembelaan hukum dan menuntaskan pengabdian secara sungguh-sungguh," paparnya.

Dikatakan mantan Ketua Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah Kota Medan itu, bahwa bakti sosial ini dilaksanakan dalam rangka memeriahkan Milad PASU Ke-1, dengan thema "PASU Lakukan Pembelaan, Tuntaskan Pengabdian". 

"Kegiatan baksos ini istimewanya tiga, meliputi Khitanan Massal 100 anak, cek kesehatan penyakit dalam 70 orang dan operasi bibir sumbing tak terbatas, tadi itu penjelasan ketua BKB," ujarnya.

"Terakhir dapat saya jelaskan, kita dalam Milad PASU Ke-1 ini akan soorfhorce, agar publik tau bahwa PASU sebagai wadah advokat bukan hanya mengurus masalah-masalah hukum, tapi juga kegiatannya yang berbasis pada program pengabdian. Pengabdian kepada masyarakat penting dilakukan. Pendeknya, kalau bukan kita yang peduli kepada masyarakat kecil di Sumut, siapa lagi," tandas alumni Magister Hukum Kesehatan UNPAB tersebut.*

(Gunawan)

TerPopuler

> Whatsapp-Button