Pemedek Membludak dipuncak Karya Usaba Pitra Pura Dalem Puri Besakih, Polsek Rendang Lakukan Pengamanan

Thursday, January 26, 2023, 10:35 WIB
Oleh Arifin Soeparni

SNIPERS.NEWS | Karangasem - Personil Polres Karangasem bersama Polsek Rendang melaksanakan pengamanan pengaturan arus lalu lintas Karya Usaba Pitra Pura Dalem Puri Besakih, Kamis (26/01/2023).

Umat Hindu/Pemedek di puncak Karya cukup ramai padat merayap, namun tetap terpantau dari arus lalu lintas di Simpang 3 Kedungdung, St.Poh Udang Manik Mas, Ulunsetra, St.Kunyit dan St. Kayupadi dilaksanakan rekayasa Lalu-lintas.

Terkait dengan pelaksanaan Karya atau Upacara keagamaan tersebut Personil gabungan Polres Karangasem dan Personil Polsek Rendang selalu melaksanakan pengamanan baik siang maupun malam hari selama karya berlangsung dari tanggal 21 s/d tanggal 27 Januari 2023, 

Hari ini personil yang terseprin sudah menempati posnya masing-masing atensi arus lalu lintas yang sudah mulai ramai mengingat hari ini adalah puncak karya.


Pengamanan dilakukan dengan membagi anggota menjadi 3 regu jaga, masing-masing regu dipimpin Padal dengan jumlah personil 29 orang tiap regu. Personil yang terlibat selama berlangsungnya Karya Pengamanan dilakukan baik secara terbuka maupun tertutup di sepanjang jalur Simpang 3 Pringalot Rendang sampai ke lokasi Pura Dalem Puri Besakih.

Saat dikonfirmasi disela pelaksanaan tugasnya Kapolsek Rendang Kompol I Gede Made Punia, S.H., M.H., mengatakan, “kami akan berusaha semaksimal mungkin dalam pengamanan Karya Usaba Pitra Pura Dalem Puri Besakih agar pelaksanaannya bisa berlangsung dengan aman, nyaman dan lancar serta para Pemedek dapat melaksanakan persembahyangan dengan khidmat,” tegas Kapolsek Rendang.

"Rekayasa arus Lalin yang kami laksanakan yaitu dengan melakukan penutupan di pintu masuk pura Dalem Puri, kami alihkan semua mobil Pemedek masuk terminal Kedungdung yang datang dari arah selatan, dan yang datang dari arah timur kami masukan melalui St. Batusesa lanjut St.Poh udang menuju parkir Kedungdung, sedangkan yang datang dari arah barat St. Teges, kami cegat di St. Kayupadi dan alihkan ke pura Batumadeg selanjutnya turun menuju parkir tanah dekat pura Dalem Puri," pungkas Kompol Punia.*

(Arifin/Agung DP/Hms)

TerPopuler