Peringati Hari Pahlawan Nasional Martha Christina Tiahahu Ke-205 Tahun 2023, Danrem Ikuti Upacara

Senin, 02 Januari 2023, 11:43 WIB
Oleh Redaksi

SNIPERS.NEWS | Ambon - Perjuangan para pahlawan merupakan hal yang harus terus dikenang untuk semakin membangkitkan semangat dalam menjaga persatuan dan kesatuan Negara Indonesia.

Seperti yang dilaksanakan Komandan Korem (Danrem) 151/Binaiya Brigjen TNI Maulana Ridwan, S.H., M.H. mengikuti pelaksanaan upacara dalam memperingati hari Pahlawan Nasional Martha Christina Tiahahu ke-205 Tahun 2023 di Karang Panjang, Kota Ambon, di Monumen Srikandi Martha Christina Tiahahu, Senin (02/01/2023).

Dalam hal ini Selaku Inspektur upacara Pangdam XVI/Pattimura, Mayjen TNI Ruruh A. Setyawibawa, S.E., M.M.

Peringatan hari pahlawan Srikandi Martha Christina Tiahahu diperingati setiap tanggal 2 Januari untuk memperingati jasa Pahlawan tersebut.


Martha Cristina Tiahahu lahir di Nusalaut pada 4 Januari 1800 yang meninggal dunia setelah ditawan penjajah Belanda pada 2 Januari 1818. Kala itu, usianya baru 17 Tahun.

Pejuang wanita pemberani ini mendapat penghargaan sebagai Pahlawan Nasional dari Pemerintah Indonesia sebagai pejuang perempuan yang terjun langsung melawan tentara kolonial Belanda.

Dalam perjuangannya beliau berani menentang penjajah di Pulau Nusalaut hingga Saparua.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Irdam XVI/Ptm, Kapoksahli Pangdam XVI/Ptm, Kabinda Maluku, Wakapolda Maluku, Para Asisten Kasdam XVI/Ptm, Danlanud Pattimura dan Forkopimda Provinsi Maluku.*

(ATM - MM)

Sumber : Penrem151/Bny

TerPopuler

> Whatsapp-Button