Perlahan Pulih, Kodam Pattimura Bantu Masyarakat Tanimbar Berbenah Pasca Gempa

Selasa, 17 Januari 2023, 15:08 WIB
Oleh Redaksi

SNIPERS.NEWS | Ambon - Kodam XVI/Pattimura berkomitmen membantu Pemerintah Daerah dalam upaya pemulihan pasca bencana gempa bumi 7,9 SR yang terjadi di wilayah Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Maluku Tenggara Barat beberapa waktu silam.

Hari ini telah dilaksanakan rapat koordinasi bertempat di Posko Terpadu Bencana, Makodim 1507/ Saumlaki, Selasa (17/01/2023). 

Dalam rapat koordinasi yang dihadiri sejumlah pejabat seperti Kasdim 1507/ Saumlaki, Wakapolres Kabupaten Kep. Tanimbar, Danramil 1507-02/ Saumlaki, para Pasi dan perwakilan Kepolisian tersebut membahas beberapa hal terkait penanganan bencana gempa bumi, seperti pendataan dan perangkuman kembali data- data, melakukan koordinasi dan komunikasi kepada para camat untuk menyamakan data terhadap bangunan yang terdampak gempa. 

Tak hanya itu, seluruh administrasi di posko harus segera disiapkan dengan teliti, juga seluruh personel dapat melaksanan tugas sesuai tugas pokok dan fungsi, sehingga penanggulangan bencana berjalan dengan efisien. 

Selain menggelar rapat koordinasi, aksi nyata juga dilakukan oleh para Babinsa Kodim 1507/Saumlaki, dengan melaksanakan karya bakti membantu memperbaiki rumah-rumah yang runtuh di masing-masing desa binaan, seperti di wilayah Larat, Babinsa membantu menyusun batako dibantu oleh Staf Desa, Pemerintah Daerah dan masyarakat. 


Serda Titirloloby yang terjun langsung ke lapangan berharap, dengan adanya karya bakti ini dapat bermanfaat meringankan beban masyarakat terdampak gempa. 

"Hingga saat ini kami masih bahu membahu, bergotong royong bersama masyarakat dan pihak terkait membersihkan puing-puing bangunan yang runtuh lalu menyusun batako. Semoga, apa yang kami lakukan ini dapat meringankan beban masyarakat dan dapat beraktivitas seperti biasa," ujarnya.

Berti Fasak selaku pemilik rumah pun mengucapkan terima kasih kepada Kodam XVI/ Pattimura khususnya Babinsa Kodim 1507/ Saumlaki, yang telah membantu dalam perbaikan rumah dan penanganan setelah gempa bumi. 

"Kami merasa sangat terbantu dengan kehadiran Babinsa juga pihak Pemerintah Daerah, yang bergerak cepat dalam pemulihan bencana," ujarnya disela- sela karya bakti.*

(ATM-MM)

Sumber : Pendam16/Ptm

TerPopuler

> Whatsapp-Button