Posko Cinta Damai Anti Tawuran Dirusak, Polres Belawan Diminta Segera Tangkap Pelaku

Friday, January 27, 2023, 08:38 WIB
Oleh Redaksi

SNIPERS.NEWS | Belawan - Posko cinta damai anti tawuran yang terletak di simpang Jalan Belanak Kelurahan Belawan Bahagia Lingkungan 16 dirusak sejumlah orang. Pengrusakan Posko tersebut diduga dilakukan para pelaku aksi tawuran di Belawan Bahagia pada Selasa siang, 24 Januari 2023 sekitar pukul 15.00 Wib. 

Kepala Lingkungan 16 Kelurahan Belawan Bahagia Muhammad Dimas Restu Adjie, S.Pdi., melaporkan kejadian itu di SPKT Polres Pelabuhan Belawan dengan LP Nomor : LP/B/57/I/2023/SPKT/Polres Pel.Blwn/Polda Sumut pada Rabu, (25/01/2023) sore. 

Usai dimintai keterangan oleh pihak penyidik Satreskrim Polres Pelabuhan, Kepling 16 Muhammad Dimas Restu Adjie menjelaskan pada wartawan kronologis kejadiannya.

"Saat siang itu tiba-tiba saja sekelompok orang datang dan merusak posko tersebut," katanya. Ia juga menduga, bahwa tindakan sekelompok orang itu merusak posko tersebut untuk memancing para remaja Jalan Belanak emosi dan terjadi tawuran ditempat tersebut. 

Ditempat terpisah, Camat Medan Belawan Subhan Fajri Harahap, S.S.T.P., M.A.P., saat dikonfirmasi wartawan melalui pesan WhatsApp berharap kepada pihak Polres Pelabuhan Belawan, agar para pelaku pengrusakan posko cinta damai antisipasi tawuran di Jalan Belanak segera ditangkap.


Lanjut Camat Belawan, karena ini sudah merusak fasilitas umum yang didirikan warga setempat, dan para pelaku sudah menciderai hati masyarakat serta tidak menghargai aparat pemerintah dan penegak hukum serta TNI yang sudah mendukung pembangunan posko tersebut. 

"Semoga para pelaku dapat segera ditangkap oleh Pihak Kepolisian, agar segera diberikan hukuman sesuai apa yang dilakukannya," ucap Camat.

Sementara itu, Tokoh Pemuda dan Aktivis sosial Zainal Abidin, mendesak pihak Polres Pelabuhan Belawan agar mengusut masalah tersebut hingga tuntas, dan para pelaku segera ditangkap serta diberikan hukuman sesuai hukum yang berlaku. 

Ia juga menyampaikan, jika dalam satu minggu ini masalah tersebut tidak dapat terselesaikan, dirinya melalui lembaga LSM yang ia pimpin akan mengirimkan surat pada Kapolda Sumut, bahkan sampai pada Kapolri di Jakarta untuk meminta permasalahan tersebut dapat diselesaikan oleh pihak Poldasu, karena dianggap pihak Polres Pelabuhan Belawan tidak mampu menyelesaikan masalah. 

Kapolres Pelabuhan Belawan AKBP Josua Tampubolon, S.H., M.H., melalui Kasat Reskrim AKP Rudi Sahputra, S.H., M.H., saat dikonfirmasi wartawan melalui WhatsApp berjanji akan segera memproses laporan tersebut dan segera menangkap para pelaku pengerusakan posko tersebut. 

"Terima kasih pak, akan kami proses", tulis Kasat Reskrim Polres Pelabuhan Belawan tersebut melalui pesan WhatsApp.*

(Gunawan)

TerPopuler