400 Lebih Keluarga Bawaslu Kabupaten Probolinggo Berkumpul, Ada Apa?

Tuesday, February 14, 2023, 19:37 WIB
Oleh TAUFIQ PERS

SNIPERS.NEWSProbolinggo - Apel Siaga Pengawasan dalam rangka 1 tahun menuju Pemilihan Umum (Pemilu) serentak tahun 2024 bertempat di Grand Whiz Hotel Bromo Kecamatan Sukapura Kabupaten Probolinggo, Selasa (14/2/2023).

Gelar Apel tersebut diikuti 330 Pengawas Kelurahan Desa (PKD) dan 72 Panwaslu Kecamatan se Kabupaten Probolinggo.

Turut hadir digelaran apel pengawasan tersebut, Camat Sukapura Bambang Yulius, Kapolsek AKP Wahyu Sulisyono, Danramil yang diwakili Pelda Dodik, jajaran KPU Kabupaten Probolinggo, seluruh Komisioner Bawaslu Kabupaten Probolinggo (Zaini Gunawan, Rifqohul Ibad, H. Nazarudin Latif, Yonky Hendrianto) sedangkan Ketua Bawaslu Fathul Qorib tidak bisa hadir karena dalam proses penyembuhan penyakitnya.
                              

Disampaikan Komisioner Bawaslu Kabupaten Probolinggo Divisi SDM, Zaini Gunawan, M.Pd mengatakan, dalam hal siaga pengawasan Pemilu di tahun 2024 harus berintegritas, profesional dan bermartabat.

"Hari ini kita gelar apel akbar, semoga bersamaan dengan ridha Allah dalam setiap gerak langkah kita, tetap peka terhadap situasi agar tercipta Pemilu serentak tahun 2024 yang demokratis dan berkeadilan," ucap Lek Gun (sapaan akrab Zaini Gunawan) kepada Snipers.News.

Sementara, Camat Sukapura Bambang Yulius dalam sambutannya mengatakan, dalam mensukseskan Pemilu serentak tahun 2024 nantinya harus bersinergi dengan jajaran samping (jarping).

"Dalam hal tersebut, Bawaslu, KPU, Kepolisian, TNI serta Pemerintah Daerah Kabupaten Probolinggo dan jajaran untuk menciptakan Pemilu yang demokratis dan bermartabat," terang Camat Sukapura.

Usai apel pengawasan, seluruh Panwaslu dan PKD ikuti Bimbingan Teknik (Bimtek) Launching Komunitas Digital Pengawasan Partisipatif dengan mengusung tema 'Jarimu Awasi Pemilu, Posko Kawal Hak Pilih' dengan nara sumber Rifqohul Ibad (Kang Ebied-red).

Dipaparkan Kang Ebied, bahwa Pengawas Pemilu harus peka situasi, baik Panwaslu Kecamatan maupun PKD di wilayah desa setempat.

"Mari kita satukan tekat untuk sukseskan Pemilu 2024 dengan tetap menjaga netralitas, integritas dan Pemilu yang bermartabat," tandasnya.*

(Fiq/Humas)

TerPopuler