Baitul Mal Agara Tuntaskan Penyaluran Zakat dan Infaq Kepada Yang Berhak

Tuesday, February 14, 2023, 16:12 WIB
Oleh Redaksi

SNIPERS.NEWS | Agara - Baitul Mal merupakan lembaga keistimewaan yang dibentuk Pemerintah Aceh untuk menjaga, memelihara, mengelola dan mengembangkan zakat, infaq, wakaf, harta keagamaan lainnya dan pengawasan perwalian berdasarkan syariat Islam.

Baitul Mal Aceh Tenggara (Agara) telah menganggarkan sejumlah dana zakat untuk berbagai program kesejahteraan umat, dalam rangka menurunkan angka kemiskinan di Aceh Tenggara.

Program-program tersebut terdiri atas berbagai sektor, diantaranya untuk sektor sosial, pendidikan, pemberdayaan ekonomi, kesehatan, dakwah dan syiar Islam.

Ketua Dewan Pengawas Baitul Mal Agara, Kasirin menyebutkan, untuk tahap I sudah di kucurkan dana sebesar Rp. 2,5 Miliar kepada kategori fakir seperti jumpi, uzur lanjut usia, sakit menahun, cacat permanen, yatim piatu dan penyandang disabilitas pada bulan April 2022 lalu.

Untuk tahap ke II tahun 2022 sebesar Rp. 2 Miliar disalurkan kepada penerima Zakat, Infaq dan Sedekah (ZIS). Dana tersebut disalurkan kepada 3.149 penerima, yang terdiri dari asnaf fakir, miskin, muallaf, Ibnu Sabil dan fisabilillah.

Tahap ke III berjumlah sebesar Rp. 2,4 Miliar kepada tiga asnaf dengan kategori fakir, miskin dan fisabililah.

"Dalam penyaluran tahap ke III ini mengalami keterlambatan, dikarenakan kita menunggu hasil review dari Inspektoratan, dan baru kita salurkan pada hari Jum’at (10/02/2023) di Kantor Camat Bambel, Desa Kuta Lang Lang, Kecamatan Bambel, Kabupaten Aceh Tenggara," demikian diucapkan Kasirin.*

(Alek)

TerPopuler