Berbuat Bukan Wacana, Kades Sumberbendo Gelar Kerja Bakti Cegah Banjir

Wednesday, February 22, 2023, 16:08 WIB
Oleh TAUFIQ PERS

SNIPERS.NEWS | Probolinggo - Puluhan warga dan Perangkat Desa Sumberbendo Kecamatan Sumberasih Kabupaten Probolinggo melakukan kerja bakti membersihkan gorong-gorong dan saluran air di sepanjang jalan dusun, Selasa (22/02/2023) pagi.

Kegiatan kerja bakti kali ini berada di wilayah Dusun Kresek RT.19, nampak warga guyup rukun bergotong royong membersihkan gorong-gorong.

Kepala Desa Sumberbendo, Angga Dwi Reza Saputra mengatakan, aksi bersih-bersih saluran di permukiman warga ini sebagai upaya mengatasi persoalan genangan yang dipicu saluran tersumbat.

"Sejak pagi tadi kita bersihkan bersama warga Dusun Kresek RT.19/RW.05 dan semua perangkat desa," ujar Anga.

Angga menjelaskan, kerja bakti kali ini difokuskan pada pembersihan saluran air dan gorong-gorong dari sampah. Melalui cara demikian, saluran diharapkan dapat lebih cepat mengalirkan air dan tidak sampai memicu genangan air saat diguyur hujan.
                               

"Target kita siang ini, seluruh gorong-gorong sudah bebas dari sampah dan lumpurnya kita angkut juga," katanya.

Ditambahkan Angga, bahwa kegiatan tersebut sebagai wujud sinergitas pemerintah desa bersama masyarakat dalam mengantisipasi banjir di musim hujan.

"Dengan gotong royong, pekerjaan dapat selesai dengan cepat. Sekaligus menjalin silaturahmi dan kekompakan. Saya harap masyarakat desa mengembalikan semangat gotong royong dan kerja bakti, karena itu budaya kita," tuturnya.

Sekretaris Desa (Sekdes) Arno juga mengatakan, pembersihan saluran air memang sudah direncanakan sebelumnya, karena banyaknya tumpukan material tanah disekitar saluran air.

"Tumpukan material tanah ini dikhawatirkan akan menghambat aliran air yang dapat mengakibatkan air naik kepermukaan dan mengakibatkan banjir, apalagi pada musim hujan seperti sekarang ini,” terangnya.

Oleh karenanya, ia bersama warga kompak untuk turun membersihkan gorong-gorong dan saluran air bersama-sama.

"Kami akan terus mengajak warga untuk menjaga kebersihan lingkungan minimal tidak membuang sampah di sekitar sungai maupun saluran irigasi, yang dapat mengganggu kelancaran aliran air," tandasnya.*

(Tofa)

TerPopuler