Danlantamal I Bacakan Amanat Kasal Pada Peringatan HUT Pomal Ke-77

Monday, February 20, 2023, 14:10 WIB
Oleh Redaksi

SNIPERS.NEWS | Belawan - Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut I (Danlantamal I) Laksamana Pertama TNI Johanes Djanarko Wibowo bertindak sebagai Irup pada Upacara Bendera, sekaligus pembacaan Amanat Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali, S.E., M.M., M.Tr. Opsla., pada peringatan HUT ke 77 Polisi Militer Angkatan Laut (Pomal), bertempat di Lapangan Apel Mako Lantamal I Belawan, Jalan Serma Hanafiah No. 01, Medan, Sumatera Utara, Senin (20/02/2023).

Danlantamal I dalam membacakan amanat Kasal menyampaikan, bahwa peringatan Hari Ulang Tahun Pomal ini merupakan tonggak pengingat atas pengabdian terbaiknya selama 77 tahun. 

Momentum ini sekaligus sebagai wahana untuk mengevaluasi diri dalam menilai sejauh mana pengabdian dan kinerja militer Angkatan Laut dalam organisasi TNI Angkatan Laut.

Dinamika perkembangan global, seiring dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi telah mempengaruhi seluruh tatanan kehidupan masyarakat, tidak terkecuali tata nilai sosial dalam lingkungan internal TNI Angkatan Laut. 

"Kita sebagai Abdi Negara dituntut untuk turut serta dalam mereduksi dampak negatif arus teknologi informasi, dengan meningkatkan kewaspadaan guna menjaga stabilitas nasional. Perubahan tatanan kehidupan dalam masyarakat ini diharapkan tidak berdampak negatif terhadap pola pikir, pola tindak dan motivasi personel TNI Angkatan Laut dimana pun berada dan bertugas, militansi, semangat juang dan motivasi serta daya saing Prajurit Matra Laut.


Institusi Pomal sebagai penegak disiplin, tata tertib dan hukum prajurit Matra Laut harus dapat menunjukkan eksistensinya dalam pengamanan fisik baik material dan personel, terutama mewaspadai mencegah dan menangani berbagai bentuk pelanggaran prajurit yang disebabkan karena dorongan situasi yang kita hadapi dewasa ini. 

Hal ini tentunya senada dengan tema HUT Pomal yang diangkat, yaitu "Polisi Militer Angkatan Laut sebagai pelopor penegak hukum, disiplin dan tata tertib siap bersama sama mewujudkan Prajurit TNI AL yang unggul, profesional dan tangguh". 

Sebagai pelopor penegak disiplin, setiap individu Prajurit Pomal diharapkan mampu menjadi teladan dan panutan serta mampu sebagai pelindung dan pengayom bagi Prajurit Pomal, dan diharapkan mampu menjadi teladan dan panutan serta mampu sebagai pelindung dan pengayom bagi Prajurit lainnya dalam hal kedisiplinan dan tertib hukum, demi terlaksananya pelaksanaan tugas sesuai dengan norma dan peraturan yang berlaku. 

Untuk mencapai hal tersebut, maka diperlukan prajurit yang berdedikasi, kredibel dan profesional serta memiliki tekad yang kuat untuk terus berbenah diri," kata Kasal dalam Amanatnya.

Tidak lupa pada peringatan HUT ke-77 Polisi Militer Angkatan Laut ini, Kasal juga mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang tinggi atas kinerja organisasi PUSPOMAL, dalam mendukung tugas TNI Angkatan Laut secara keseluruhan dan memberikan kontribusi positif dalam tatanan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. 


"Saya mengharapkan, Pomal berpartisipasi aktif mewujudkan TNI sebagai Patriot NKRI dalam upaya mendukung progam pemerintah, guna peningkatan produktivitas untuk transformasi ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan," jelasnya.

"Teruslah menjadi kesatria penegak aturan yang senantiasa berpihak pada kebenaran. Teruslah menjadi figur-figur teladan yang bukan hanya mampu menjadi pelindung bangsa dari ancaman musuh, namun juga menjadi penjaga moral prajurit Matra Laut dari ancaman pelanggaran kode etik dan disiplin keprajuritan, WIJNA WIRA WIDHA YAKA!!," sambungnya.
Diakhir amanatnya, Kasal memberikan beberapa hal yang menjadi penekanan untuk dipedomani dan dilaksanakan, diantaranya : 

Pertama, tingkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, sebagai landasan dalam melaksanakan tugas.

Kedua, tingkatkan peran penegakkan hukum, disiplin dan tata tertib di lingkungan TNI Angkatan Laut secara konsisten dan terus menerus, guna membentuk karakter prajurit TNI Angkatan Laut yang tertib hukum.

Ketiga, tingkatan profesionalisme dengan mengedepankan kerjasama dan koordinasi dengan komunitas Kepolisian Militer TNI dan penegak hukum lainnya.

Keempat, laksanakan evaluasi terhadap pelaksanaan tugas dan sistem pembinaan Prajurit Pomal secara menyeluruh dan konsisten, agar tercapai kinerja organisasi yang lebih baik. 

Akhirnya, marilah kita bersama-sama berdoa dan memohon semoga Tuhan Yang Maha Esa, Allah Subhanahu wa Ta’ala senantiasa melimpahkan petunjuk, kekuatan dan perlindungan-Nya kepada kita semua, dalam melanjutkan tugas pengabdian kepada TNI Angkatan Laut, TNI, Bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang kita cintai bersama," demikian Amanat Kasal, yang dibacakan oleh Danlantamal I.

Upacara tersebut diikuti oleh Pejabat Utama Lantamal I, Para Kadis/kasatker Lantamal I, Perwira, Bintara, Tamtama dan PNS Lantamal I serta Prajurit Yonmarhanlan I.*

(R - 1)

Sumber : Dispen Lantamal I

TerPopuler