Dua Jabatan Komandan Lanal di Wilayah Aceh Resmi Diserahkan

Thursday, February 23, 2023, 13:06 WIB
Oleh Redaksi

SNIPERS.NEWS | Belawan - Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) I Laksamana Pertama TNI Johanes Djanarko Wibowo secara resmi menerima penyerahan jabatan dua Komandan Lanal di jajaran Lantamal I, dalam sebuah upacara yang dilaksanakan di Gedung O.B Sya'af Mako Lantamal I Belawan, Jalan Serma Hanafiah No. 01, Medan, Sumatera Utara, Kamis (23/02/2023).

Kedua Jabatan yang diserahterimakan adalah Komandan Lanal Sabang Kolonel Laut (P) Ali Setiandy, M.Tr (Han)., M.M. dan Komandan Lanal Lhokseumawe Kolonel Marinir Dian Suryansyah, S.E., M.Tr.Hanla. Kedua Lanal yang terletak diwilayah Provinsi Nanggro Aceh Darusalam tersebut merupakan Wilayah yang sangat strategis di Jajaran Lantamal I.

Komandan Lantamal I dalam sambutannya menyampaikan, serah terima jabatan yang dilaksanakan pada hari ini, seharusnya di hadiri oleh pejabat lama dan pejabat yang baru, akan tetapi karena satu dan lain hal, maka acara pada hari ini hanya di laksanakan dengan penyerahan jabatan Danlanal Sabang serta Danlanal Lhokseumawe secara simbolis. 


"Namun tidak mengurangi makna sesungguhnya, bahwa serah terima jabatan merupakan bagian dari pembinaan organisasi secara menyeluruh, sekaligus merupakan kebutuhan organisasi untuk menghasilkan kinerja organisasi yang lebih optimal. Menjadi kekuatan pertahanan Negara bidang Maritim di wilayah Lanal Sabang dan Lanal Lhokseumawe," ucap Danlantamal I.

Lebih lanjut Danlantamal I menyebutkan, bahwa perkembangan situasi dalam negeri saat ini, salah satu permasalahan yang aktual dibicarakan adalah ancaman di bidang keamanan laut, khususnya yang terjadi di jalur Internasional yang terbentang di wilayah kerja Lantama I, termasuk perairan Sabang maupun Lhokseumawe. 

Selain itu, keterbatasan alutsista serta kondisi alam yang cenderung berubah ekstrim menjadi tantangan tersendiri bagi para pengawak unsur dalam melaksanakan tugas pengamanan tersebut. 


Oleh kerena itu, pimpinan TNI Angkatan Laut telah menunjuk para Perwira berkualifikasi baik, guna menduduki jabatan sebagai Komandan Lanal Sabang dan Komandan Lanal Lhokseumawe, agar mampu melaksanakan tugas serta mampu mengendalikan stabilitas guna melindungi kepentingan nasional," demikian disampaikan Danlantamal I.
Diakhir sambutannya, Danlantamal I tidak lupa mengucapkan terima kasih kepada Kolonel Laut (P) Ali Setiandy, M.Tr (HAN), M.M., dan Kolonel Marinir Dian Suryansyah, S.E., M.Tr.Hanla., atas loyalitas, dedikasi serta ide dan pemikiran yang telah disumbangkan selama menjabat sebagai Danlanal Sabang serta Danlanal Lhokseumawe.

"Mudah-mudahan saudara-saudara dapat meniti karir yang lebih cemerlang dimasa yang akan datang," tutup Danlantamal I.
Hadir dalam kegiatan tersebut Para Pejabat Utama Mako Lantamal I, Para Kadis/Kasatker Lantamal I dan seluruh Perwira Menengah Mako Lantamal I serta Perwira staf Lanal.*

(R - 1)

Sumber : Dispen Lantamal I

TerPopuler