KPU Kabupaten Probolinggo Akan Gelar Verfak Dukungan pada Balon DPD, Ini Jadwalnya..

Friday, February 17, 2023, 13:10 WIB
Oleh TAUFIQ PERS

SNIPERS.NEWS | Probolinggo - Bimtek (Bimbingan Teknis) dalam rangka Verifikasi Faktual (Verfak) syarat dukungan minimal bakal calon anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) untuk Pemilihan Umum (Pemilu) serentak tahun 2024 bersama Panitia Pemungutan Suara (PPS) se Kabupaten Probolinggo, terhitung 15 - 17 Februari tahun 2023.

Kali ini digelar Bimtek yang bertempat di Pendopo Kecamatan Dringu meliputi Kecamatan Dringu, Gending dan Leces. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Probolinggo bakal melakukan tahapan Verfak terhadap pendukung calon anggota DPD.

Dikatakan Komisioner Divisi Teknis KPU Kabupaten Probolinggo, Agus H. Andinata atau akrab disapa Cak Agus mengatakan, bahwa total sampling sebanyak 774 pendukung dari 16 Balon (Bakal Calon) DPD RI di Kabupaten Probolinggo yang akan di verfak sebelum akhir bulan ini.

"Verfak akan dilakukan oleh PPS di 134 Desa/Kelurahan di 21 Kecamatan se Kabupaten Probolinggo. Dimulai sejak tanggal 6 hingga 26 Februari 2023," ucap Cak Agus ketika usai berikan materi kepada peserta Bimtek, Jum'at (17/2) siang.
                               

Bahwa ada 16 calon DPD RI di Jawa Timur dengan 774 data sampling yang muncul sebagai sampel dukungan di Kabupaten Probolinggo. Dalam waktu dekat, proses verfak akan langsung dilakukan dilapangan oleh para PPS di masing-masing desa.

"Petugas Verfak akan mencocokkan identitas diri pendukung dan memastikan betul betul mendukung atau tidak. Jika yang di Verfak menyatakan tidak mendukung atau tidak kenal kepada Balon tersebut, maka dinyatakan Tdak Memenuhi Syarat (TMS)," papar Cak Agus.

Diketahui, petugas verfikator atau PPS akan didampingi oleh unsur PPK, PKD dan Panwaslu Kecamatan serta Timses dari Balon DPD jika ada.

"Kami berharap, hasil dari Verfak tersebut membuahkan hasil yang akurat dan valid terkait dengan MS (Memenuhi Syarat) atau TMS dari Balon DPD tersebut," tandasnya.*

(Fiq)

TerPopuler