Prajurit Pattimura Hadiri Peringatan Isra Mi'raj 1444H dan Istighosah

Minggu, 19 Februari 2023, 18:21 WIB
Oleh Redaksi

SNIPERS.NEWS | Ambon - Sejak pagi, Prajurit Kodam XVI/ Pattimura terlihat memenuhi Masjid Al-Ijtihad Belakang Kota, untuk mengikuti Istighosah Kubro dan Peringatan Isra Mi'raj Nabi Muhammad SAW 1444H tahun 2023, Minggu (19/02/2023). 

Tak hanya prajurit Kodam, namun juga diikuti oleh para anggota dari Lantamal IX/ Ambon, Lanud Pattimura dan Polda Maluku serta tokoh agama. 

Kegiatan ini dilaksanakan juga secara virtual, yang diikuti oleh jajaran TNI-Polri seluruh Indonesia dan dipusatkan di Masjid Agung Cianjur, Jawa Barat, serta turut dihadiri oleh Kepala Staf TNI Angkatan Darat Jenderal TNI Dudung Abdurachman, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Bidang Dakwah dan Ukhuwah Cholil Nafis hingga Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin.

Acara ini digelar berkat gagasan Ketua MUI Bidang Dakwah dan Ukhuwah Cholil Nafis diharapkan bisa memberikan semangat para ulama dan masyarakat Cianjur usai terjadinya gempa. Tempat yang dipilih untuk kegiatan bersama itu adalah di Cianjur, karena Cianjur adalah tempat yang sebelumnya terkena bencana gempa bumi.

Adapun tausyiah pagi ini dibawakan oleh H. Arif Fahrudin, M.Ag., KH. Ahmad Zubaidi, M.M., dan K.H. Jujun Junaedi, Habib Nabiel Al- Musawa, M.Si. Sebelum mendengarkan tausyiah, para tamu undangan melaksanakan sholat subuh berjamaah. 

Dalam sambutannya, Kasad mengatakan, dengan adanya kegiatan Istighosah Kubro yang bertemakan ”Dzikir Doa Keselamatan Bangsa Momentum Peringatan Isra dan Mikraj Nabi Muhammad SAW”, dapat semakin meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT dan dapat mengimplementasikan pada kehidupan berbangsa dan bernegara. 


"Kegiatan Istighosah Kubro ini merupakan salah satu sarana mendekatkan diri dengan memperbanyak dzikir dan doa, dengan harapan kita semua memperoleh ketenangan batin dan semakin kuatnya keikhlasan dan kesabaran dalam menerima musibah dan bencana sebagai ujian dari Allah SWT, serta mampu bangkit kembali kearah yang lebih baik," terang Kasad. 

Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Ruruh A. Setyawibawa, S.E., M.M., yang hadir disela-sela acara melalui Vicon juga turut serta mengajak para prajurit dan undangan yang hadir berdoa bersama untuk Maluku dan Maluku Utara. 

"Agar kita semua senantiasa dalam ketentraman, kedamaian, situasi kondusif sehingga masyarakat juga nyaman dalam beraktivitas," kata Pangdam. 

Lebih lanjut Pangdam menyampaikan, mengenai kegiatan dalam momen Isra Mi'raj ini yang mana terjalin sinergitas antara MUI dengan TNI, hal tersebut juga telah dilaksanakan oleh Kodam XVI/ Pattimura bersama MUI Maluku dan tokoh agama Maluku lainnya yang telah menjalin silaturahmi baik.

"Momen yang bagus ini mari kita jadikan sarana silaturahmi, tidak ada sekat, sehingga tidak hanya internal Kodam, tetapi bersilaturahmi dengan komponen masyarakat lainnya, katong samua basudara," tandas jenderal bintang dua tersebut.

Adapun pejabat yang turut hadir dalam kegiatan ini diantaranya Kapolda Maluku Irjen Pol Lotharia Latif, Danlantamal IX/ Ambon Brigjen Mar Said Latuconsina, Kasdam XVI/Pattimura Brigjen TNI Asep Abdurachman, Irdam XVI/Pattimura Brigjen TNI Dadang Rukhiyana, Ketua MUI Maluku Abdulah Latuapo, para Asisten Kasdam XVI/ Pattimura, para Pamen Ahli Pangdam, Perwira LO AL, AU dan pejabat Polda Maluku, para Dansat serta Kabalak.*

(ATM-MM)

Sumber : Pendam16/Ptm

TerPopuler