Sukses Digelar, Launching Kantor Baru AWPR dan Peringati HPN ke - 77 di Kota Probolinggo

Saturday, February 11, 2023, 18:34 WIB
Oleh TAUFIQ PERS

SNIPERS.NEWS | Probolinggo - Dalam rangka memperingati Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2023 yang ke - 77, salah satu wadah jurnalis di Kabupaten Probolinggo yakni Afiliasi Wartawan Probolinggo Raya (AWPR) menggelar lounching kantor baru AWPR sekaligus peringati Hari Pers Nasional yang bertempat di kantor AWPR, di Jalan Suroyo Kota Probolinggo sebagai wujud eksistensi wadah kewartawanan.

Kegiatan ini di isi dengan sambutan - sambutan, penyerahan kue, pemotongan tumpeng serta memberi santunan terhadap anak yatim dan memberi sembako untuk kaum dhuafa, dan hiburan dengan menampilkan dua penyanyi yang berkualitas, Sabtu (11/2/2023).

Kegiatan tersebut dihadiri oleh pengurus serta anggota AWPR, jajaran Pemkot Probolinggo yang di wakili jajaran Diskominfo, Kodim 0820, Polresta, tamu undangan dari berbagai elemen serta sejumlah wartawan yang ada di luar AWPR.

Ketua AWPR Hariyadi dalam sambutannya mengajak para jurnalis untuk mengedepankan profesionalisme dalam menjalankan tugas kejurnalistikannya, HPN yang mengangkat 'Pers Bebas Demokrasi Bermartabat' itu merupakan momentum bagi seluruh insan pers dimana akan memasuki tahun politik.

"Tema pers bebas bermartabat, dalam posisi tahun politik, pers harus dalam posisi yang netral dan independen, namun memang secara personel wartawan juga adalah warga negara yang punya hak politik," kata Hariyadi (Songot-red).

Sedangkan untuk pengertian 'Pers Demokrasi Bebas Bermartabat' harus di jalankan dengan kejujuran, keadilan dan kebenaran. Nilai pertama adalah integritas dan kedua nilai keadilan.

Filosofinya, wartawan benar adalah dari prodak dan karyanya berdasarkan kebenaran, karena tugas wartawan mengawal kebenaran dan perpihak pada kebenaran.

"Wadah Jurnalis AWPR diharapkan menjadi bagian dari membuka corong informasi pada masyarakat melalui pemberitaan yang valid dan berimbang. Kami juga menekankan agar semua anggota organisasi AWPR ini selalu mensinergikan hubungan baik dengan TNI - POLRI, Pemerintah Daerah (Pemda), sehingga akan tercipta kondusifitas disetiap wilayah," ujarnya.
                             

Sementara, Kadiskominfo Kota Probolinggo, Aman Suryaman saat menyampaikan sambutannya mengatakan, bahwa keberadaan wartawan sangat dibutuhkan dalam menyampaikan berbagai informasi bagi masyarakat, dan dirinya juga mengucapkan terima kasih banyak kepada seluruh insan pers dan pelaku usaha pers yang selama ini sudah bersama - sama mengawal berbagai program pemerintah Kota Probolinggo.

"Menurut saya, kalau pers bisa mengawal dan memberikan motivasi, memberikan berita baik insyaallah masyarakat punya optimisme maju dan berkembang serta ekonomi akan terus berjalan," sambungnya.

Melalui karya jurnalistiknya, sosok wartawan dapat menciptakan satu kondisi yang positif ataupun negatif dilingkup setiap wilayah, dan diharapkan intensitas yang ditunjukkan AWPR ini terus berkembang dengan menyajikan pemberitaan yang akurat dan memberikan hal positif bagi pembacanya.

Selanjutnya acara lounching kantor baru AWPR secara resmi dibuka oleh sosok senior di lingkup Pemkot Probolinggo ini dengan ketukan tiga kali.

Even yang dilangsungkan dihalaman Kantor AWPR di Jalan Suroyo Kota Probolinggo ini berjalan cukup lancar. Agenda diakhiri dengan pemberian santunan pada anak yatim dan sembako bagi kaum duafa dilanjutkan dengan sesi ramah tamah dan tampilan hiburan dengan menampilkan penyanyi berkualitas.

"Sukses untuk AWPR dan terus berkembang kearah yang lebih baik," ujar Fammy, Kasi Kominfo Kota Probolinggo.*

(Tofa)

TerPopuler