TNI AL Tingkatkan Kedisiplinan Berkendara, Denpom Lanal Denpasar Gelar Opsgaktib Mandiri

Tuesday, February 14, 2023, 10:26 WIB
Oleh Arifin Soeparni

SNIPERS.NEWS | Denpasar - Detasemen Polisi Militer (Denpomal) Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Denpasar melaksanakan kegiatan Opsgaktib Mandiri, yang digelar beberapa waktu yang lalu.

Operasi Penegakan Ketertiban (Opsgaktib) pada Pekan Disiplin di wilayah hukum Pomal Lanal Denpasar dalam rangka menyambut HUT ke-77 Pomal Tahun 2023.

Dalam kegiatan tersebut dipimpin langsung Komandan Detasemen Pomal (Dandenpomal) Lanal Denpasar Mayor Laut (PM) Tona A Ompusunggu.

"Opsgaktib ini merupakan salah satu upaya TNI AL dalam memelihara serta meningkatkan kedisiplinan prajurit saat melaksanakan tugas kedinasan sesuai dengan tata tertib kehidupan prajurit," terangnya, Senin (13/02/2022).

"Kegiatan Opsgaktib tersebut melaksanakan penertiban penggunaan kendaraan dinas (randis), plat randis, kelengkapan atribut dinas, kelengkapan STNK dan SIM dinas/sipil," sambungnya.


Sasaran razia pada kegiatan Opsgaktib Denpom Lanal Denpasar adalah penggunaan randis dan plat randis oleh yang tidak berhak, juga kelengkapan atribut seragam dinas, kelengkapan kendaraan, SIM, dan STNK dinas/sipil, serta pemeriksaan pemakaian SIM dinas bagi yang tidak berhak.

Dalam Operasi Gaktib ini Dandenpomal Lanal Denpasar selaku penanggung jawab operasi mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu upaya TNI AL untuk memelihara serta meningkatkan kedisiplinan prajurit saat melaksanakan tugas kedinasan sesuai dengan tata tertib kehidupan prajurit. 

“Dan harus makin sadar bahwa disiplin itu adalah mutlak diperlukan oleh prajurit, baik disiplin berlalu lintas maupun disiplin dalam kegiatan-kegiatan lainnya,” kata Mayor Tona A Ompusunggu.

Hal ini selaras dengan perintah harian Kepala Staf TNI AL (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali, yaitu berani berubah menjadi lebih baik dengan meninggalkan budaya rutinitas yang tidak produktif. 

Seluruh rangkaian pelaksanaan kegiatan Opsgaktib berjalan dengan aman dan lancar serta tetap disiplin serta tidak ditemukan pelanggaran disiplin oleh anggota.*

(Arifin/Pen Lanal Denpasar)

TerPopuler