Dukung Ketahanan Pangan dan Potensi Agrowisata, Persit KCK PD XVI/Pattimura Kunjungi Kebun Mutiara Pattimura

Thursday, March 23, 2023, 15:00 WIB
Oleh TAUFIQ PERS

SNIPERS.NEWS | Ambon - Ketahanan pangan bukan hanya menjadi prioritas tapi juga menjadi target kesejahteraan dan pemerataan kesejahteraan masyarakat di Maluku dan Maluku Utara.

Untuk itu Persit KCK PD XVI/Pattimura dipimpin oleh Ketua Persit KCK PD XVI/Pattimura, Ny. Indah Ruruh A. Setyawibawa mengunjungi kebun ketahanan pangan milik Kodam XVI/Pattimura "Mutiara Pattimura" yang ada di wilayah Rumah Tiga, Desa Poka, Selasa (21/03/2023). 

Hal ini dilakukan sebagai salah satu dukungan untuk meningkatkan ketahanan pangan dan mengangkat potensi agrowisata edukasi yang ada di wilayah Maluku. 


Juga hadir mendampingi, Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Ruruh A. Setyawibawa, S.E., M.M., Kasdam XVI/Pattimura Brigjen TNI Asep Abdurachman, Irdam XVI/Pattimura Brigjen TNI Dadang Rukhiyana, dan Aster Kasdam XVI/Pattimura Kolonel Inf Hasandi Lubis. 

Pangdam beserta rombongan  berjalan kaki mengelilingi kebun sambil memetik langsung sayuran yang ada seperti terong dan timun. 

Tak hanya itu, Pangdam juga bertanya seputar kondisi kebun dan kendala- kendalanya. 

"Ini tidak pakai obat-obatan berbahaya kan," tanya Pangdam kepada petani.

"Siap semua menggunakan bahan organik Bapak Panglima, jadi semuanya aman untuk dikonsumsi," ujar Pak Nonok salah satu petani yang mengelola kebun Mutiara Pattimura. 

Pangdam menyampaikan bahwa pihaknya sengaja mengajak rombongan Persit KCK PD XVI/Pattimura ke kebun ini dengan tujuan untuk mempromosikan potensi agrowisata edukasi yang dikelola oleh Kodam XVI/Pattimura bekerjasama dengan Instansi pertanian dan Fakultas Pertanian Universitas Pattimura. 

"Sebagian wilayah di Maluku ini masih banyak lahan-lahan kosong atau lahan tidur sayang sekali kalau tidak ditanami dan produktif, nanti hasilnya bisa buat kebutuhan sendiri kalau berlebih bisa dijual," kata Pangdam. 

Sementara itu bapak Septian dari Panah Merah (Perusahaan Pemasok Bibit) mengaku senang atas kunjungan serta dukungan dari Pangdam dan jajaran serta Persit KCK Daerah XVI/Pattimura. 

"Saya senang dengan kunjungan dan support Bapak Pangdam XVI/Pattimura dan Ibu Ketua Persit KCK XVI/Pattimura, saya berharap kedepannya kebun ini bisa lebih baik dan menjadi salah satu destinasi agrowisata edukasi untuk masyarakat terkhususnya yang ingin belajar perihal pertanian," ujarnya.*

(ATM-MM)
Sumber : Pendam16/Ptm

TerPopuler