Panwaslu Dringu Gelar Apel Pengawasan dan Show Force, Jaga dan Kawal Hak Pilih

Wednesday, March 1, 2023, 15:47 WIB
Oleh TAUFIQ PERS

 
SNIPERS.NEWSProbolinggo - Berdasarkan Surat Instruksi (SI) Bawaslu RI nomor 4 tahun 2023, Bawaslu Kabupaten Probolinggo menindak lanjuti kepada seluruh jajaran Panwaslu Kecamatan se Kabupaten Probolinggo agar melakukan Apel Patroli Pengawasan Kawal Hak Pilih.

Dalam intruksi tersebut, Panwaslu Kecamatan Dringu menggelar apel patroli pengawasan kawal hak pilih, bertempat di halaman Kantor Panwaslu Kecamatan Dringu di Jalan Timbangan nomor 01 Desa Kedungdalem.

Dengan diikuti 3 Komisioner Panwaslu Kecamatan Dringu, Sholehudin selaku Divisi SDM, Iman selaku Divisi HP2H dan Taufiq selaku Divisi P3S, jajaran Staff Panwaslu dan 14 Pengawas Desa (PD) se Kecamatan Dringu.
                               

Usai apel, jajaran Panwaslu Kecamatan Dringu langsung gelar 'show force' dengan berkeliling di 14 desa dengan mengendarai sepeda motor.

Dikatakan Sholeh selaku Ketua Panwaslu Kecamatan Dringu, show force tersebut dilakukan sebagai tindak lanjut intruksi Bawaslu Kabupaten Probolinggo yang bertujuan untuk mengawal hak pilih dalam Pemilu setentak tahun 2024.

"Jajaran Pantarlih yang saat ini masih melakukan coklit (pencocokan dan penelitian) terhadap calon pemilih, kami dalam show force tersebut memastikan rekan rekan Pantarlih bekerja sesuai aturan yang ada," ucap Sholeh kepada Snipers.News, Rabu (1/3/2023).
                                 

Senada, Taufiq selaku Divisi P3S (Penanganan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa) mengungkapkan, pihaknya akan mengawal dan mengawasi proses coklit yang tengah berjalan.

"Dipastikan, dalam tahapan coklit DP4 tersebut, tidak ada calon pemilih yang tidak di datangi dari rumah ke rumah (door to door), dan rumah yang sudah di coklit harus tertempel stiker," terang Taufiq yang akrab disapa Ust. Taufiq Gaul tersebut.

Iman selaku pemangku Divisi HP2H, juga menghimbau kepada jajaran Pantarlih se Kecamatan Dringu, lakukan pencoklitan dengan berpegang teguh pada aturan yang ada.

"Alhamdulillah, patroli yang kami gelar, dengan mendatangi beberapa calon pemilih, ternyata sudah tercoklit dengan baik dan benar. Juga show force ini sebagai bukti bahwa Panwaslu Kecamatan Dringu menujukkan keseriusannya untuk mengawal tahapan pesta demokrasi berjalan dengan lancar dan kondusif," tandasnya.*

(Fiq/Humas)

TerPopuler