Pergaulan Remaja Yang Semakin Merisaukan Orang Tua, Ini Pesan MUI Pasuruan

Selasa, 14 Maret 2023, 18:17 WIB
Oleh TAUFIQ PERS

SNIPERS.NEWS | Pasuruan - Masalah dekadensi moral bagi para remaja secara umum di Jawa Timur dan khususnya Kabupaten Pasuruan menjadi perhatian khusus bagi MUI Kabupaten Pasuruan.

Dikatakan KH. Nurul Huda selaku sesepuh MUI Kabupaten Pasuruan, bahwa penurunan akhlaq para remaja akhir akhir ini sudah sampai pada kondisi yang mengkhawatirkan dengan banyaknya para remaja seusia sekolah menengah pertama dan atas di salah satu daerah di Jawa Timur mengajukan permohonan dispensasi kepada Pengadilan Agama untuk melakukan pernikahan di bawah umur.

"Sebagai akibat pacaran dan pergaulan bebas yang menyebabkan hamil di luar nikah," kata KH. Nurul Huda, Selasa (14/3) sore.

Di Kabupaten Pasuruan, untuk sementara belum ada data yang resmi yang dirilis oleh instansi yang terkait bukannya tidak ada tapi tidak terpublikasi secara terbuka.

Hal ini sebagai akibat salah pergaulan dan peran media sosial yang tanpa kontrol berakibat mudahnya mengakses film film porno dan sebagainya, sementara peran orang tua semakin kini banyak diabaikan oleh anak anaknya.

"Oleh karenanya, memberikan pendidikan agama sejak dini dengan memberikan pemahaman secara benar tentang arti sebuah pergaulan secara islami kepada remaja menjadi sangat penting," terangnya.

MUI Kabupaten Pasuruan mempunyai perhatian dan kewajiban untuk menyelamatkan generasi mendatang dari liberalisme yang berakibat pada pergaulan bebas, minum minuman keras dan penyalahgunaan narkoba pada menjelang bulan Ramadhan ini.

DP MUI Kabupaten Pasuruan melakukan Turba (turun ke bawah) sekaligus sosialisasi tentang merawat generasi muda emas yang berkualitas yang terbebas dari faham liberalisme dan radikalisme serta minuman keras dan narkoba.

Turba tersebut dilangsungkan di 3 (tiga) Kecamatan masing masing di Kecamatan Tutur bertempat di SMA Yakin Tutur, di Kecamatan Beji di Balai Desa Beji, dan Gempol di Balai Desa Sumberpitu.

Penyaji materi dari MUI adalah KH Nurul Huda dan KH Suyuti Ahmad dan dari Polres Pasuruan dan BNN Kabupaten Pasuruan.

Pesan moral yang disampaikan yaitu mempersiapkan generasi emas di era milenia agar menjadi generasi yang mempunyai daya kompetitif hanya bisa dilakukan oleh mereka yang giat belajar dan menjauhi minuman keras dan narkoba.

"Bukankah Allah berfirman dalam surat Al Mujadhalah ayat 11 yang artinya, Allah akan meninggikan beberapa derajat orang-orang yang beriman di antara kamu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan (ilmu) beberapa derajat," tandasnya.*

(Fiq)

TerPopuler