Polresta Probolinggo Gelar Cek Senpi, Ada Apa?

Tuesday, March 7, 2023, 17:40 WIB
Oleh TAUFIQ PERS

SNIPERS.NEWS | Probolinggo - Polres Probolinggo Kota melalui Propam melakukan pemeriksaan kelengkapan senjata sebagai upaya meminimalisir pelanggaran, tertib dan tegakkan disiplin anggota. Pemeriksaan yang dilakukan pada Selasa (07/03/2023) pagi di depan gedung Serbaguna Mapolresta Probolinggo.

Kapolres Probolinggo Kota AKBP Wadi Sa'bani melalui Wakapolres Kompol Subiyantana mengatakan pemeriksaan senpi (senjata api) sebagai upaya mewujudkan sosok anggota Polri Presisi.

"Kami menggelar pemeriksaan senpi sebagai upaya penegakan ketertiban dan kedisiplinan (Gaktibplin) berupa pemeriksaan senjata api dinas,” terangnya.


Wakapolres menjelaskan dalam kegiatan pengecekan tersebut, dirinya juga didampingi personel bagian logistik.

Untuk mewujudkan anggota Polri Presisi, merupakan harapan dari pimpinan dan seluruh lapisan masyarakat.

Kemudian senjata api yang digunakan oleh para personel Polres harus dalam keadaan layak dan siap pakai.

Pengecekan tersebut pun diikuti oleh sejumlah personel yang dipinjam pakaikan senpi dinas Polresta. Tentunya ini menjadi Standar Operasional Prosedur (SOP) saat personel menjalankan tugasnya di lapangan.

"Hal ini guna meminimalisir pelanggaran anggota, terutama rekan-rekan yang dipinjam pakaikan guna mendukung pelaksanaan tugas," ungkap Wakapolres.

Senada dengan Wakapolres, Kasipropam Polres Iptu Rudi menjelaskan bahwa pemeriksaan senpi dilakukan sebagai bentuk pertanggungjawaban para personel terhadap sarana dan prasarana barang milik negara.

Dari hasil pemeriksaan yang kami selenggarakan tadi, ada beberapa personel yang surat izinnya sudah waktunya diperpanjang.

“Senpi tersebut langsung dilakukan penarikan, nantinya personel akan diberikan kembali senpi yang baru dan kembali mengecek surat izinnya serta administrasi pemegang senpi,” tutup Iptu Rudi.*

(Fiq/Humas)

TerPopuler