Satgas Kemenag Kabupaten Probolinggo Gelar Kampanye Mandatori Halal, Pelaku Usaha Antusias

Saturday, March 18, 2023, 12:20 WIB
Oleh TAUFIQ PERS

SNIPERS.NEWS | Probolinggo - Bertepatan pada hari Sabtu 18 Maret 2023, secara serentak Satgas Halal Kementerian Agama Kabupaten Probolinggo melakukan kampanye mandatori halal d 2 titik berbeda.
Titik pertama berlokasi di Pasar Dringu, dengan koordinator lapangan langsung dipimpin oleh Penyelenggara Zakat dan Wakaf, Yazid Zain.

Titik kedua berlokasi di Pasar Patalan Kecamatan Wonomerto, dengan koordinator lapangan dipimpin langsung oleh Kasi Bimais Kemenag Kabupaten Probolinggo, H. Sholehudin.

Dalam orasinya di Pasar Dringu, Yazid menegaskan tujuan Kampanye Mandatori Halal pada tanggal 18 Maret 2023, bahwa pada 17 Oktober 2024 produk makanan, minuman, jasa penyembelihan dan hasil sembelihan, bahan baku, bahan tambahan pangan dan bahan penolong untuk produk makanan dan minuman wajib bersertifikat halal.

"Kepada seluruh pelaku usaha UMKM mikro kecil dan menengah untuk segera mendaftarkan semua produknya baik makanan, minuman, jasa sembelihan, hasil sembelihan dan lain-lainnya wajib harus tersertifikasi halal," ujar Mantan Penyuluh Agama Islam Fungsional ini bersemangat.


Acara kampanye mandatori halal didahului dengan pembacaan sambutan Menteri Agama RI di hadapan puluhan pedagang pasar Dringu. Kemudian dilanjutkan dengan sosialisasi kampanye halal dalam perspektif undang-undang oleh Yazid Zain selaku Penyelenggara Zakat dan Wakaf Kementerian Agama Kabupaten Probolinggo, kemudian pentingnya sertifikasi produk halal dalam perspektif fiqih oleh Suharto, Ketua Pokjaluh Kementerian Agama Kabupaten Probolinggo.

Kegiatan diteruskan dengan pembagian brosur dan pendataan pelaku usaha dipimpin oleh Koordinator Pendamping PPH, Ustadzah Siti Sururin Nasihin Robiati dan Ustad Rusdi.

Sutaman Efendi, Koordinator Pasar Dringu sangat bersyukur berkat kegiatan Kampanye Mandatori Halal, dirinya akan membantu sekuat tenaga untuk mendorong sekaligus mendata secara langsung seluruh pedagang dan pelaku usaha yang ada di Pasar Dringu untuk bersama-sama mendaftar dan mensertifikasi produknya.


"Kami berharap komunikasi dengan Satgas Halal tetap terjaga demi suksesnya program pemerintah," harapnya.

Sementara, kegiatan serupa di Pasar Patalan tidak kalah seru. Dalam orasinya setelah membacakan pidato Menteri Agama RI, Sholehudin selaku Pengurus Satgas Halal Kementerian Agama Kabupaten Probolinggo menjelaskan kepada khalayak bahwa tanggal 18 Maret 2023 pendaftaran sertifikat halal bagi 2 (dua) pelaku usaha di 
±1000 titik secara serentak seluruh Indonesia.

"Pendaftaran dua pelaku usaha pada momen Kampanye Mandatori Halal ini sebagai titik awal untuk mendorong para Pelaku Usaha (PU) lainnya segera mendaftarkan produk mereka untuk di sertifikasi halal," serunya.

Solehudin menegaskan, bahwa segenap pengurus Satgas halal siap untuk memfasilitasi proses pendaftaran para pelaku usaha itu sampai mendapatkan sertifikat halal gratis.

Kegiatan dilanjutkan dengan sosialisasi dan dilanjutkan dengan pembagian brosur kepada para pedagang di lokasi setempat. Seluruh kegiatan berjalan dengan sangat tertib, penuh semangat, didukung penuh oleh berbagai pihak dan diikuti oleh para pelaku usaha dengan penuh antusias.*

(Fiq)

Sumber : Yazid Humas Kemenag

TerPopuler