Bekangdam Pattimura Terima Tim Penilai Reformasi Birokrasi TNI AD

Monday, April 10, 2023, 19:33 WIB
Oleh Redaksi

SNIPERS.NEWS | Ambon - Berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 81 Tahun 2010 tentang grand design Reformasi Birokrasi 2010-2025, pelaksanaan Reformasi Birokrasi sejak tahun 2009 terus dijalankan secara konsisten dan berkelanjutan. Hal tersebut juga terus dilakukan oleh TNI AD, salah satunya adalah jajaran Kodam XVI/Pattimura. 

Guna mewujudkan Wilayah Tertib Reformasi dan Birokrasi (WTRB) dan peningkatan kualitas pelayanan publik, Tim Verifikasi Lapangan Penilaian WTRB Tingkat TNI AD Kol. Cku. Dede Yudha Maulana memimpin kegiatan Penilaian Pembangunan WTRB Bekangdam XVI/Pattimura, bertempat di Makobekangdam XVI/Pattimura, Kel Rijali, Kec. Sirimau, Kota Ambon, Maluku, Senin (11/04/2023).

Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Ruruh A Setyawibawa bertekad untuk menjadikan tiga satuan jajarannya yang diverifikasi sebagai Zona Integritas menuju Wilayah Tertib Reformasi dan Birokrasi (WTRB), dengan melakukan perubahan-perubahan sesuai dengan tugas pokok Kodam XVI/Pattimura. 

Namun demikian, imbuh Pangdam, hal tersebut tidaklah cukup, mengingat untuk mendapat predikat tersebut maka TNI AD, dalam hal ini Tim Verifikasi Lapangan Mabesad akan menilai sejauh mana inovasi-inovasi yang telah dilakukan oleh Bekangdam XVI/Pattimura, guna mewujudkan Zona Integritas. 

Adapun hal-hal yang dinilai meliputi manajemen perubahan, penataan tata laksana, penataan sistem manajemen SDM, penguatan pengawasan, dan penguatan akuntabilitas kinerja serta penguatan kualitas pelayanan publik. 

Kolonel Cku. Dede Yudha Maulana mengucapkan terima kasih kepada Kabekangdam XVI/Pattimura Kolonel CBA Parlin Hamonangan, S.E., M., dan jajaran, yang telah menyiapkan acara tersebut dengan baik. 

Dalam sambutannya, dirinya mengatakan, dalam penilaian WRTB /Zona Integritas dikategorikan menjadi beberapa bagian, baik itu Lemdik, Balakpus, Teritorial, Kesehatan. 

"Kodam XVI/Pattimura semua bidang ada baik itu Lemdik (Rindam), Balakpus (Bekang), Kesehatan (RST) dan itu tentunya menjadi suatu kebanggaan bagi segenap prajurit Kodam," ujarnya. 

Lanjut dikatakannya, bagi satker yang memperoleh predikat WRTB /Zona Integritas dari TNI AD dalam hal ini Kasad, apabila memenuhi syarat dapat diajukan pada penilaian hingga Tingkat Mabes TNI dan tingkat Kemenpan RB.


"Untuk itu, mari kita wujudkan satker TNI-AD yang bersih, akuntable dan melayani masyarakat sebagai wujud pengabdian kepada TNI, Bangsa dan Negara," himbaunya.

Dirinya juga berpesan, untuk melaksanakan penilaian ini dengan sungguh-sungguh, inovasi yang baik sehingga penilaian dapat dilakukan secara objektif dan maksimal. 

Dalam kesempatan yang sama, Kabekangdam XVI/Pattimura sebelum memberikan paparan kepada tim mengatakan, dirinya beserta jajaran Bekangdam XVI/Pattimura siap mendukung penuh kegiatan WTRB di wilayah Kodam XVI/Pattimura dan sebagai "Role Model", demi mewujudkan Moto Satuan Bekang 
Modern (Berkarakter, Semangat, Melayani, Responsif, Berdedikasi dan Transparansi). 

Selain itu, Kabekang juga menjelaskan terkait tugas Bekangdam, yaitu menyelenggarakan pelayanan bekal, pelayanan jasa Intendant dan pemeliharaan bekal/materiil pembekalan angkutan dalam rangka mendukung tugas pokok Kodam XVI/Ptm. 

Usai menerima paparan di Mabekangdam XVI/Pattimura, Ketua Tim Verpal TNI AD beserta tim bertolak menuju Denhar Jasa INT XVI-44-12 Bekangdam XVI/Pattimura, yang berada di Jalan Gudang Arang, Kelurahan Benteng, Kecamatan Nusaniwe, Kota Ambon, untuk meninjau Inovasi Bekangdam XVI/Pattimura yaitu Kapal Ambulance, yang mana Kapal tersebut ini digunakan untuk membantu menyelamatkan korban kecelakaan laut. 

"Bagus, sesuai dengan fungsinya," ujar Ketua Tim, yang terkesan melihat simulasi penyelamatan kecelakaan laut. 

Setelahnya, juga diadakan peninjauan di SPBT Denbekang XVI-44-01 yang berada di Jalan Makodam, Kelurahan Uritetu, Kecamatan Sirimau, Kota Ambon, guna meninjau inovasi Kendaraan Dapur Lapangan Bekangdam XVI/Pattimura. 

Sebagai informasi, Tim Verifikasi Lapangan Mabesad besok akan menilai Satuan Rindam XVI/Pattimura dan RST TK II dr. J.A Latumeten.*

(ATM-MM)

Sumber : Pendam16/Ptm

TerPopuler